Tren Terbaru Digital Marketing di Tahun 2021

Digital Marketing adalah industri yang selalu segar di mana perubahan adalah satu-satunya yang konstan. Saat kita memasuki tahun 2021, sangat penting bagi kita, sebagai pemasar dan pengusaha, untuk tetap mengikuti perkembangan industri terbaru. Dengan cara ini, kami dapat mengadaptasi strategi pemasaran kami dengan merangkul teknologi dan taktik masa depan sambil secara bertahap menghapus hal-hal yang tidak berguna.

Berikut adalah tren digital marketing teratas untuk tahun 2021, dengan penekanan khusus pada saluran pemasaran baru yang saya yakin akan bertahan untuk jangka panjang.

Advance Chatbot / Chatbot tingkat lanjut

Seiring berkembangnya teknologi kecerdasan buatan (AI), chatbot akan lebih bermanfaat baik sebagai alat dukungan pelanggan maupun saluran pemasaran. Di tahun-tahun sebelumnya, bagi banyak audiens, chatbots dianggap mengganggu, tidak autentik, dan mengganggu. Tetapi seiring dengan peningkatan AI dan pembelajaran mesin, chatbots tumbuh lebih baik dalam menawarkan solusi bermanfaat khusus untuk kebutuhan individu pengguna.

Data terbaru dari Facebook menemukan bahwa 56% pembeli lebih suka mengirim pesan instan daripada menelepon saluran dukungan. Jika pelanggan Anda tidak dapat dengan cepat menerima jawaban atas pertanyaan mereka tentang produk atau layanan Anda, mereka mungkin lebih memilih untuk bangkit daripada mengangkat telepon untuk menghubungi Anda. Chatbot adalah cara terbaik untuk memberikan jawaban instan kepada prospek dan pelanggan, memungkinkan Anda untuk menutup penjualan yang jika tidak akan tersesat.

Featured Snippets / Cuplikan Unggulan

Di masa lalu, mendapatkan posisi teratas pada halaman hasil mesin pencari selalu menjadi tujuan No. 1 SEO. Saat ini, mendaratkan cuplikan unggulan (atau “posisi nol”) bahkan lebih penting. 

Cuplikan unggulan adalah segmen teks, biasanya tidak lebih dari beberapa baris visual, yang ditampilkan dalam kotak terpisah di bagian atas hasil organik Google. Untuk mendapatkan posisi cuplikan unggulan yang didambakan, cobalah taktik bermanfaat ini:

• Jawab pertanyaan pencari secara langsung (kurang dari 75 kata).

• Tempatkan jawabannya di awal artikel.

• Ajukan pertanyaan pencari dalam teks isi dan satu subjudul.

• Uraikan jawaban Anda menggunakan sisa artikel.

• Mengutip sumber otoritatif saat membuat cadangan klaim Anda.

Postingan di Sosial Media yang Dapat Dibeli

Meskipun postingan yang dapat dibeli masih baru di Instagram, postingan tersebut telah terbukti sangat efektif untuk menghasilkan konversi. Data terbaru dari Instagram menyebutkan bahwa 130 juta pengguna melakukan tap pada iklan shoppable setiap bulannya. Jika Anda berkecimpung dalam bisnis e-commerce, Anda akan lalai untuk tidak memanfaatkan menjalankan iklan yang dapat dibeli, mengingat bagaimana iklan tersebut memungkinkan pengalaman pembelian yang nyaman dan lancar.

Optimalkan Untuk Pencarian Suara 

Survei Search Engine Watch baru-baru ini menemukan bahwa 27% pengguna internet global menggunakan pencarian suara di perangkat seluler. Karena semakin banyak rumah tangga yang mengadopsi teknologi IoT seperti speaker pintar dan asisten pribadi, kami memperkirakan angka ini akan meningkat di tahun-tahun mendatang. 

SEO yang diaktifkan dengan suara dan SEO biasa tidak menawarkan hasil yang sama. Untuk mengoptimalkan SEO yang diaktifkan dengan suara, fokuslah pada peringkat untuk kata kunci ekor panjang (panjangnya kurang dari empat kata), gunakan bagian FAQ, dan pastikan Anda mempraktikkan pengoptimalan SEO pada halaman yang tepat untuk perangkat seluler.

Baca Juga : Kelas Digital Marketing Medan

Digital Marketing: Pengertian, Kelebihan, Jenis, dan Strategi - Akseleran  Blog

SEO Dan Media yang Diperoleh Lebih Baik Dari PPC

Pada tahun 2019, seperempat pengguna internet memasang pemblokir iklan di browser web mereka. Pada tahun 2021, angka ini diperkirakan akan meningkat setidaknya 3,3% . Meskipun ini merupakan keuntungan yang agak kecil, faktanya tetap bahwa penggunaan pemblokir iklan terus meningkat. 

Oleh karena itu, pemasar dan pemilik bisnis yang berwawasan ke depan harus mempertimbangkan untuk mengalihkan sebagian sumber daya mereka dari strategi PPC mereka dan menempatkannya ke kampanye SEO. Meskipun PPC tidak akan kemana-mana, semakin sedikit pengguna internet yang dapat melihat iklan Anda di tahun-tahun mendatang, jadi lebih baik Anda berinvestasi di saluran digital marketing organik.

Pemasaran yang Inklusif Dan Berkeadilan

Yang ini sedikit outlier dari yang lain. Padahal tahun 2020 adalah tahun pergolakan sosial, saya kira tahun 2021 akan membawa perubahan sistemik ke arah yang lebih baik. Selama setahun terakhir, kelompok-kelompok sosial yang terpinggirkan telah menyerukan lebih banyak representasi dan inklusi, dan tahun ini kita harus melakukan apa yang kita bisa untuk mengakomodasi kebutuhan mereka. 

Selain politik, identitas sekarang lebih penting daripada tahun-tahun sebelumnya. Orang-orang sangat peduli agar identitas mereka diakui dan diwakili. Pemasar dan pemilik bisnis sebaiknya menyertakan konten dan iklan tertentu yang menarik bagi etnis atau ras minoritas, wanita, dan komunitas LGBTQ+. 

Bangun Strategi Masa Depan Pemasaran

Beberapa industri berubah secepat digital marketing. Apa yang populer hanya beberapa tahun yang lalu sekarang tampaknya kuno (ingat ketika video putar otomatis adalah standar?). Karena itu, sebagai seorang marketer, Anda harus selalu melihat ke depan. Dan itulah mengapa Anda tidak dapat mengabaikan saluran pemasaran digital yang sedang berkembang ini selama 12 bulan ke depan.

SEO Suara, chatbot cerdas, dan iklan sekali klik akan tersedia untuk tahun 2021. Selain itu, 42% pembeli etnis minoritas mengatakan mereka akan beralih ke pengecer yang berkomitmen pada keragaman dan inklusi. Dan dalam hal SEO, cuplikan unggulan sejauh ini mendapatkan rasio klik-tayang tertinggi (rata-rata rasio klik-tayang 26% ).

Sumber : Forbes.com

Bagi Anda yang berdomisili di Kota Medan dan ingin mempelajari Digital Marketing secara intens selama 6 bulan, silahkan ikuti Program Profesi Digital Marketing di Webmedia Center Medan. Klik Disini untuk informasi lebih lanjut.

15 thoughts on “Tren Terbaru Digital Marketing di Tahun 2021

  1. Ping-balik: Daftar Hari Besar Nasional dan Internasional untuk Ide Konten | Weblognya Bang Danu

  2. Ping-balik: Daftar Hari Libur Nasional dan Hari Besar Tahun 2023 untuk Konten Sosial Media – vdm_medan

  3. Ping-balik: Hari Libur Nasional dan Hari besar Tahun 2023 – Kanda Website

  4. Ping-balik: Daftar Hari Libur Nasional dan Hari Besar Tahun 2023 untuk Konten Sosial Media – JimsWebsite

  5. Ping-balik: Daftar Hari Libur Nasional dan Hari Besar Tahun 2023 untuk Konten Sosial Media – Danu Website

  6. Ping-balik: Daftar Hari Libur Nasional dan Hari Besar Tahun 2023 untuk Konten Sosial Media – Louis Website

  7. Ping-balik: Daftar Hari Libur Nasional dan Hari Besar Tahun 2023 Untuk Konten Sosial Media – Hafshah website

  8. Ping-balik: DAFTAR HARI LIBUR NASIONAL DAN HARI BESAR TAHUN 2023 UNTUK KONTEN SOSIAL MEDIA – arvinddevil

  9. Ping-balik: Daftar Hari Libur Nasional dan Hari Besar Tahun 2023 untuk Konten Sosial Media – ahsan.com

  10. Ping-balik: Daftar Hari Libur Nasional dan Hari Besar tahun 2023 untuk Konten Sosial Media – March Website

  11. Ping-balik: Daftar Hari Libur Nasional dan Hari Besar Tahun 2023 Untuk Konten Sosial Media – PH Digital Marketing

  12. Ping-balik: Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023

  13. Ping-balik: Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023

  14. Ping-balik: hari lubur nasional tahun2023 hari cuti bersama

  15. Ping-balik: Daftar Hari Libur Nasional dan Hari Besar Tahun 2023 Untuk Konten Sosial Media - Fawu Official

Tinggalkan komentar