Binjai Supermall Peduli Korban Sinabung

Kangen juga ternyata setelah sekian lama tak memberi makan blog tercinta ini dengan tulisan saya yang tak seberapa😀 , setelah berlama-lama hanya diniatkan menulis lagi akhirnya sekaranglah waktunya untuk menulis lagi.🙂

Berhubung sudah lama tak menulis, kali ini tulisan saya yang ringan-ringan saja ya, seputar perjalanan penyaluran bantuan kepada pengungsi Sinabung yang diselenggarakan oleh tempat saya berkarir saat ini, Binjai Supermall.

Preparation

Kegiatan ini diawali dengan perencanaan program yang dilakukan sesingkat-singkatnya oleh Tim Marcomm BSM, tujuannya agar bantuan dapat segera disalurkan sesegera mungkin, dan tahap awal tentunya adalah pembuatan desain informasi poster dan drop box sumbangan. Berhubung Graphic Designer sedang padat-padatnya dengan pekerjaan lain, maka ditunjuklah saya untuk membuat desain tersebut, dan hasilnya… tara…

peduli sinabung

Ya mudah-mudahan tidak memalukan ya, kalau jelek jangan dicaci ya😀

Berikutnya tempel menempel media promosi pun dilakukan dan dimulailah tahap pengumpulan bantuan. Setelah 13 hari dilakukan pengumpulan donasi dari pengunjung Binjai Supermall, karyawan toko dan staf manajemen Binjai Supermall, dilakukan penghitungan sumbangan untuk dibelanjakan dengan keperluan para pengungsi.

IMG_0939

Sesuai jadwal yang telah ditentukan, maka pada tanggal 24 Oktober 2014, dilakukanlah rapat koordinasi akhir panitia kecil Binjai Supermall untuk menentukan bantuan yang akan diberikan dan rundown kegiatan penyaluran kepada para pengungsi Sinabung.

IMG_0942

Pada rapat ini diperoleh juga informasi bahwa kegiatan ini juga akan diikuti oleh Sun Plaza & Plaza Medan Fair yang masih merupakan grup Lippo Malls di Sumatera Utara. Akhirnya ramai juga euy yang berangkat.🙂 Dan hari itu pun ditutup dengan kegiatan belanja kebutuhan pengungsi dan packing bantuan ke dalam box-box kecil sesuai kategori.

Execution Day

Hari eksekusi bantuan pun dimulai dengan packing bantuan ke dalam mobil box yang sudah standby di Binjai Supermall sejak pukul 6 pagi. Luar Biasa😀.

IMG_0943

Selesai packing waktunya menuju titik kumpul selanjutnya yaitu Halaman Parkir Plaza Medan Fair. Tim yang terbagi dalam 2 mobil minibus dan 1 mobil box pun meluncur ke Plaza Medan Fair pada pukul 8.00 WIB.

Tiba di titik kumpul kedua pada pukul 9.30 WIB, tim langsung bergegas untuk packing kembali bantuan dari Plaza Medan Fair dan Sun Plaza untuk dimasukkan ke dalam mobil box.

IMG_0945

Pukul 11.00 WIB, packing pun selesai dan seluruh tim siap meluncur ke tujuan penyaluran bantuan, tapi seperti biasa, sebelum berangkat, foto bareng dulu.😀

IMG_0975

Sebelum tiba di tujuan, pukul 13:30 WIB tim berhenti sejenak di RM Sempurna di daerah Bandar Baru untuk sholat Zuhur dan membeli Makan Siang, tapi gak langsung dimakan disitu, kita cari spot cantik untuk makan siang bareng.🙂

IMG_0982

Pukul 14:00 WIB, tim tiba Spot selanjutnya, yan tak lain adalah lokasi untuk makan siang di daerah Penatapan, Sibolangit, dan waktunya makan bersama.🙂

IMG_0999

Selesai makan, pukul 14.45 WIB perjalanan pun dilanjutkan ke pos pengungsian pertama di Universitas Karo, Kabanjahe, dan kondisinya sungguh di luar dugaan. Setelah lebih dari setahun bencana erupsi Sinabung pertama kali terjadi, para pengungsi (sekitar 200 Keluarga) masih hidup di pengungsian dengan kondisi seadanya dan terancam stok makanan dan minuman setiap bulannya, karena kurang cepatnya respon dari pemerintah provinsi dan kabupaten untuk penanggulangan bencana.

Buat yang penasaran dengan kondisi di pengungsian di Universitas Karo (yang 3 hari setelah kami kunjungi, juga dikunjungi Bapak Presiden kita Joko Widodo), kira-kira penampakannya seperti berikut:

IMG_1094

IMG_1058

IMG_1023

Namun walaupun berada dipengungsian, tetap ada sedikit kegembiraan diantara mereka seperti yang terpancar dari senyum anak-anak ini:

IMG_1078

IMG_1064

Proses penyaluran bantuan di pos pertama pun dilakukan.

IMG_1026

IMG_1048Selesai di pos pertama, pukul 16.00 WIB tim pun bergerak ke pos kedua di GBKP Kodim Kabanjahe.

Kondisi di pos kedua ini jauh lebih baik dibanding pos pertama, namun tetap saja masih kurang dari kata layak. Tanpa membuang banyak waktu, tim pun langsung bergegas untuk menyalurkan bantuan yang sudah dibawa kepada para pengungsi.

IMG_1121

IMG_1126

Dan lihatlah raut-raut wajah bahagia ini, kebahagiaan mereka langsung menghapuskan semua kelelahan seluruh tim Binjai Supermall.

IMG_1132

IMG_1159

Pukul 17.00 WIB, seluruh tim pun akhirnya mengakhiri perjalanan mulia ini dan kembali ke Medan dengan penuh rasa bahagia.

Perjalanan ini setidaknya membuktikan bahwa kebahagiaan utama kita sebagai manusia adalah ketika kita mampu untuk membantu dan berbagi kepada sesama dan bukan semata-mata pencapaian kekayaan kita di dunia. Karena sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang dapat memberi manfaat bagi sesama.

Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh pengunjung dan karyawan toko Binjai Supermallyang telah menyisihkan sebagian rezekinya untuk sedikit meringankan beban saudara-saudara kita. Special thanks untuk seluruh manajemen Lippo Malls Sumut khususnya tim yang sudah berkontribusi sangat banyak baik tenaga dan pikirannya dalam menyalurkan bantuan ini. Semoga apa yang kita berikan ini menjadi tabungan amal baik kita.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Indahnya Berbagi.

Wassalam. Danu WP – Penulis & Fotografer Kegiatan🙂

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s