Membuat Laporan pada VB dengan Data Report dan Data Environment.

Setelah sebelumnya kita telah pelajari dan praktekkan dasar – dasar visual basic, database dengan mysql dan pemrograman database serta perintah SQL dalam database. Kini saatnya kita membuat laporan untuk database yang sudah pernah kita buat sebelumnya (Database : pengajaran). Pada pembahasan kali ini kita akan bahas dan praktekkan cara membuat laporan sederhana menggunakan Data Report dan Data Environment yang sudah terintegrasi langsung pada Visual Basic. Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang sudah tidak sabar ingin mencoba membuat laporan agar dapat dicetak di kertas sesegera mungkin. Semoga masih semangat juga belajar pemrograman. SEMOGA

Baca Selengkapnya: Laporan pada Visual Basic dengan Data Report

176 thoughts on “Membuat Laporan pada VB dengan Data Report dan Data Environment.

  1. Aku bingung pisan euy….. lagi penyusunan PI/TA programnya belom jadi nih.. ku kuliah di STIKOM POLTEK Cirebon Gitu…..

    Jawaban dari bangdanu:
    Bingung apanya? Programnya pake vb? Judulnya apa? Siapa tahu bisa saya bantu. :)

  2. Tolong dong source kode untuk Game dengan VB

    Jawaban dari bangdanu:
    Wah kalau source code game saya adanya cuma game2 kecil seperti mencocokkan gambar, jackpot dan yg mirip2 itu. :D

  3. pak..,sy ingin skali bisa membuat pengolahan data saya melalui program VB…sya seorang pegawai PDAM di sulawesi….apa yang saya harus pelajari lebih awal?harap…bantuannya….!

    Jawaban dari bangdanu:
    Pak anton yang baik, untuk mempelajari pemrograman vb dari dasar saya telah buatkan rangkumannya di artikel Pemrograman Database dengan VB-MYSQL. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba :)

  4. Saya sudah menginstall Crystal Report XI tapi sepertinya tidak terhubung dengan VB 6.0 Karena di ada dalam menu data report.
    Jadi saya membuat report nya lewat CR XI, tetapi saya bingung cara “memanggil” lewat VB.
    Tolong dibantu.
    Terima Kasih

    Jawaban dari bangdanu:
    Untuk laporan menggunakan Crystal Report harus ditambahkan add in object ke dalam form. Untuk lengkapnya nanti deh saya posting, sabar ya. :)

  5. bang…sy pingin tau n paham menjalankan program vb…buat laporan dan pengolhan data sy…tp sy awam skli ttg vb..gmn yah bang sy harus mulai pelajari….trims bang…!!!.

  6. SY PINGIN TAHU VB BUAT OLAHAN DATA LAPORAN SY….TP GAK TAU HRS DARI MANA GITU….SDH BANYAK BUKU YG SY KOLEKSI TP JUSTRU KEBINGUNGAN…

    Jawaban dari bangdanu:
    Silahkan baca saja artikel2 saya tentang vb. Semoga bisa membantu. :)

  7. Yah, payah cuma segitu doank ulasan data reportnya,
    yang lengkap dunk, masa kemampuan cuma segitu aja dipameran,
    aku lagi butuh ulasan data report menggunakan data environment yang lebih espert nih.

    Gimana caranya supaya isi data reportnya dihasilkan menggunakan Query secara dinamis, maksudnya (harus dlm kondisi runtime bkn design time) pada waktu saya isi kriteria berdasarkan tanggal, maka yg muncul cuma tanggal yang diminta aja.

    Ya wis, kalo kemampuannya cuma segitu sih aku juga bisa

    Jawaban dari bangdanu:
    Maaf jika isinya kurang memuaskan, saya juga manusia yang punya kekurangan. Maaf artikel ini bukan bahan pameran tetapi hanya mencoba untuk membantu teman-teman yang baru belajar pemrograman vb, jadi sengaja saya buat semudah mungkin untuk dimengerti. Maaf jika kurang berkenan. :)

  8. apa aq bsa mendapatkan pelajaran tentang data report yg lbih lngkap??

    seperti cara penggunaan nya,.

    trimakasih…

  9. Bang Danu saya punya keinginan, membuat Aplikasi Pemograman VB, bisa ga’ kita buat suatu schedule pengecekan suatu mesin secara periodikk dan beda catagory,
    Contohnya A= di periksa setiap W, M, 3M dan A,
    dimana setiap w= 1 miggu sekali, M = 1 bln sekali dst

    jika kita ketik minggu ke 1, maka jika pada minggu itu keluar ada schedule ia akan tampilkan sesuai catagorynya tsb.
    dihitung dari pertama kali di lakukan pengecekan.

    Mohon bantuan bang Danu

    Terimakasih

  10. aku punya tugas dari dosenku buat sebuah aplikasi dengan nomor otomatis menggunakan vb. Udah pernah nyoba, tapi selalu gagal setelah nomor sembilan, atau setelah diedit nomor diatasnya. Mohon bantuannya listing program buat nomor otomatis ya…. please aku masih semester 2, jadi msh agak awam dengan vb.
    Terima Kasih.

  11. minta yolong y??????////
    please >>>>>>>>.
    karna aq perlu banget nich
    biar aq lancar program
    okkkkkkkkkkkkkk

  12. ass…aq pengen belajar vb nih coz di kul aq g ngerti2 ?sekalian mu tanya klo vb bisa ngedetek frekuensi g y????

  13. bang,,saya lagi nyusun skripsi bikin program perpustakaan,, saya lagi kesilutan nih,,bikin validasi data pengunjung,,dimana pengunjung tidak boleh meminjam lebih dari 2 buku,,kalo diinput lebih dr 2, maka akan keluar information berupa msgbox… kirim aja ke heru-20@telkom.net Hatur Nuhun pisan…

  14. ass….gimana caranya membuat laporan pertanggal, saya pernah buat laporan pertanggal tapi hasilnya tidak sesuai dengan transaksi pertanggal yang terjadi,tapi kalau sudah tanggal 14 laporan transaksi dapat dilakukan di bawah tanggal 14 tidak dapat dilakukan, kalu boleh tau kira2 apa ya sebabnya tapi saya disini menggunakan cristal Report. maksih sebelumnya wss…

    Jawaban dari bangdanu:
    Untuk laporan pertanggal, sebaiknya lakukan dengan perintah query atau dikelompokkan berdasarkan tanggal / Group By Tanggal. :)

  15. pernah bikin uml for vb gak? saya sedang bingung euy, bikin TA tapi sangkut di di uml nya! vb kan bukan object oriented…
    mohon bantuannya…
    makasih

    kali punya juga, bagi source kode untuk bikin class di vb dong…

  16. Mas, saya sudah berhasil membuat report tanpa data environtment tapi saya kesulitan membuat hubungan master detail dengan Group Header – Detail. Kasih tau saya dong mas? Atau saya salah di SQL-Query nya ya mas? Makasih ya mas….

  17. Lam Kenal….
    gimana bikin No Urut pada data report:
    1
    2
    3
    Dst.. sesuai dengan jumlah record yang tercetak.
    tolong ya bang…TQ

  18. doakan saya biar cepat nguasain VB Bangdanu ya…

    Jawaban dari bangdanu:
    Ya saya doakan semoga lancar dan tetap semangat belajarnya
    SEMANGAT :)

  19. PROGRAM AQ ERROR NE WAKTU PRESENTASE, TLG KASIH Q SOLUSI DONK, Q PAK PROGRAM VB. Q STRESS BGT

    Jawaban dari bangdanu:
    Jangan cepat patah semangat dong.
    Pesan Erornya apa? Siapa tahu bisa dibantu.
    Tetap Semangat ya. :)

  20. bang,saya sekarang lagi nyusun skripsi…
    saya ingin menggunakan VB 6.0 dengan database SQLServer 2000
    saya baru mempelajarinya….
    sekarang ni saya lagi kebingungan,kok gak mau y connect dengan database yg saya buat d SQLServer 2000
    kira2 bisa bantu saya tentang VB 6.0 dan SQLServer 2000
    terimakasih

  21. bang danu, aku ingin bantuan untuk membuat program data perpustakaan, masalahnya aku masih belum banyak menguasai vb sedangkan tugas ini untuk tugas akhirku bantu ya bang!!!

  22. Azz.Z kul di AMIK dah smester 5! Z lagi bingung nih mo buat program aplikasi ap y yg bgus buat ujian akhirnya? Z zih demenx pake VB! Kira” ap y ?? Mohon masukanx…… Thx b 4! ^_^

  23. om admin, tolongin saya donk skrg saya lg TA nich…ksh tau contoh aplikasi apa ja program vb dan jgn lupa sama source code ny!!! thanks yah om admin.

  24. hua….Q manusia yang awam ma VB n semacamnya,tapiQ pengen belajar soalnya tertarik pengen bikin program sendiri,so tolong yah ajarinQ pak admin yang expert buat ajarinQ..thanks banget….kalo bisa tolong kasiinQ tutorial tentang VB or semacamnya,thanmks banget…tolong direspon

  25. bangdanu tolong dijawab donk pertanyaan saya, ksh tau donk aplikasi program vb apa ja sekalian dgn source code ny???cos bangdanu skrg saya lg TA binun pgn bikin program apa cos lg gak ada judul buat TA…bangdanu sekali lg plis direspon yah, tp sekali lg makasih y bangdanu……”_”>>>>>

  26. saya sudah membuat perhitungan dengan menggunakan excel, lalu saya ingin membuatnya dengan menggunakan VB, tolong bisa djelaskan caranya? kata temn saya tinggal di konvert saja, tolong jelaskan? trima kasih

  27. kasih masukkan dong biar jago bkin VB, minimal menguasahi,!! Trik and tips

    saya ucapkan terima kasih

  28. terimakasih infonya.
    saya mau tanya,bagaimana cara mengelompokkan database per-bulan. sehingga apabila program sudah berjalan setahun, dan pada bulan desember admin ingin mengambil HANYA data bulan februari,bagaimana caranya???
    terimakasih jawabannya, dan saya berharap dikirimkan source code ke-email saya

  29. Bang,numpang tanya boleh gak?
    sy bikin program pake VB 6.0,laporannya pake CR 9.0 tp giliran di bikin exe pake installshield,perubahan yang ada di program gak bisa diikuti sama laporannya.Ada solusi gak?Thank’s

  30. halo……guwe lagi bingun nich….gimana merancang program dengan cyristal report……,,guwe lagi kuliah di STMIK MURA Kota Lubuklinggau…..?

  31. halo……guwe lagi bingun nich…,,gimana cara membuat program VB 6.0 dengan connenction di internet secara online?

  32. saya lg bingung neh mo buat TA aplikasi restoran pke vb 6 dengan databasenya menggunakan SQL….
    mohon bantuannya!!!!
    thanx :P

  33. bang danu maaf saya sangat awam dengan VB. VB bagusnya pake database access atau mysql. Bagus mana? tulisannya ada di ilmu komputer semua. Pada bukunya Iman Budi Kustanto dia pake acces, punya abang pake mysql. Kalau boleh saya mau minta file instalasi mysql server, mysql front dan mysql ODBC seperti yang mas tawarkan di tulisan mas. TQ

  34. Bang Danu Saya mau minta tolong buku panduan untuk mengoperasikan VB karna saya mau belajar VB. tolong ya bang danu terima kasih banyak ya bang danu lw bs kirim ke email saya ya bang nich email saya adzin@yahoo.co.id

  35. bang…giman carany menggunakan versi Crystal report 10, di komponen vb yang di abil apanya ? and tau enga contoh codingnya(perintahnya) gamana…makasih sebelumnya

  36. bang danusaya sedang membuat aplikasi absensi kehadiran guru untuk sebuah sekolah,saya ingin membuat laporan dari aplikasi tersebut tiap bulannya,bagaimana caranya ya membuat laporan tiap bulannya?
    thnx

  37. bang.,..,.,.,

    q bingung ne.,.,.,

    cara cepat belajar VB tuh gmn ya.,.,.,????????

    ks tw dunk.,.,.,

    apa lagi klo dalam penulisan program ya.,.,
    makin pening kepala q.,.,.,.,

    txh

  38. mas saya mau tanya gimana ngunci form yang kita desain supaya ukurannya sesuai dengan keinginan kita baik di minimaze atau di maximaze tidak berantakan

  39. please bantuin donk buat program penerimaan siswa baru di smk pake vb 6.0…………..
    klo bisa GPL y coz akhir februari harus udah selesai..

  40. hallo bang danu
    saya Desy dari Denpasar
    Masih pemula nih. Ga ngerti VB tapi pengen belajar banyak.
    Saya lagi pengen bikin laporan sederhana dari aplikasi simpel yang saya buat.
    Ceritanya saya cuma pengen nampilin nilai dari program tes bakat. tapi karena ga pake database, nilainya cuma saya tampung dalam sebuah text box. Nah, pertanyaan saya, gimana caranya melink nilai yang di text box tu biar muncul di laporan ????
    Meski pertanyaannya rada bloon kayak yang nanya, tolong bantu ya….
    Maaci

  41. tolong bantuin saya membuat perpustakaan sederhana dengan menggunakan program vb6.0……makasih sebelumnya.

  42. membuat report dengan crystal report tanpa database atau harus konek sql ggimana?

    misalnya gini, 1+2 =3 nah hasil 3 ini saya pengen langsung tampilin di reportnya dengan cara memencet tombol preview gitu mas….

    bantuin yaks…please…kasih tutorial lengkap beseerta gambarnya…..

    thanks

  43. saya mau tanya, saya bikin query seperti dibawah
    select ondate, ref, jumlah = count(ref) from cal where (recid like ‘P%’ or recid like ‘Q%’)and ondate = ‘2008/11/11′ group by ref, ondate
    datanya ga bisa keluar hasil record setnya selalu -1
    padahal jika saya query saya execute dari QA, data yg saya cari tersebut ada.
    oia saya buat programnya dari vb6..
    apakah didalam vb sendiri ada keterbatasan query language ya..??
    mohon pencerahannya..
    Trims

  44. Hai … ! Nama saya Al.. Saya ingin minta tolong buatkan contoh report harian dan bulanan dengan menggunakan crystal report 8 pada visual basic. Thanks banget ya…!

  45. Assalamu’alaikum,…

    Mas bisa minta tolong g, buatin contoh query untuk membuat raport pada aplikasi si akademik sekolah dasar.
    tabel yg digunakan
    : siswa(nis,nama,kelas)
    nilai(nis,kd_materi,Nilai)
    tabel yang diinginkan:
    Raport(nis,nama,kelas,kd_materi,nilai,Rata-rata kelas)
    rata-rata kelas: ya nilai rata2 untuk tiap mata pelajaran tiap kelas.

    pusiiiingggggggggg,….

    Terimakasih,…

  46. eit satu lagi,…

    dah pada ketemu cara bikin nmr urut di report vb lom

    databasena pake MySQL makaseeeeeeeeee,……

  47. tolong dunks yang pinter vb kirimin contoh aplikasi nyata yang menggunakan vb+source codenya(scripnya) y….
    thanks.kirim ke emailq:tita_arematika07@yahoo.com

  48. waduh boss
    sulit mnurut ane cz bingung ma printah2nya..
    pling mksimal cma bwt yg bs gnti2 wrna aja.hehe..

  49. Salam kenal bang, mhn source code vb untuk pemberian nilai pada sejumlah field record dlm datbse vb. Aq lg bkin tgs sistem pndkung kputusan calon kandidat penerima beasiswa.ilustrasi pnilaian brdsarkn option cekbox,jka cekbox trcentang mka qt bs kasih nilai trtentu.Yang tmbah rumit proses pnilaian trsbut dlakukan looping ke record kandidat berikutnya smpai smua record slsai dlakukan pnilaiannya.mhon bntuannya,deadline aq dberi wkt 1 minggu aja.yo..mas

  50. Haiiiiiiii
    Saya bingung sekali karena di suruh bikin tugas besar program visual basic 6.0 apalagi tugasnya dikumpulkannya minggu besok dan saya belum sama sekali.
    Kenapa saya bingung, karena dalam perkuliahan vb 6.0 saya dan rekan – rekan hanya praktek tiap pelajaran vb 6.0 dan tidak ada teorinya dalam perkuliahan vb 6.0. Yang saya tahu di Universitas lain yang berbasis Komputer kalau ada pelajaran pemograman pasti ada teorinya untuk pelajaran atau perkuliahan pemograman.
    Maaf saya tidak bisa ngasih tau nama Universitas saya?

  51. mas aQ bingung ne nyelesaiin report yang da grabd total nya…..

    data nya d database g ada tetapi di crystal report data itu harus ada??

    data yang saya maksud itu seperti garand total????

  52. Bang,
    Gimana caranya untuk menjumlahkan field di active report pada vb, misalnya untuk menghitung Index prestasi. jadi yang mau dihitung adalah field (bobot*sks) dibagi dengan jumlah total SKS
    bobot*sks sendiri sy pake bawaan AR untuk menghitungnya yaitu fungsi SUM dan Grandtotal demikian juga untuk total SKS.
    maslah muncul untuk memproses kedua field tsb jd IP
    solusinya gimana nih Bang, buruan yah…plsssss
    Salam VB….
    Email y :-)

  53. bung kl ada kirim k email g y, ttg cara pembuatan laporan dari awal sampe akhir, g gaptek bgt kl masalah laporan, tlg y g pgn revisi ta g!! thankz sblmnya

  54. kak lw bza tunjukin cotoh programnya, serta hasil dari programnya.. karena banyak yg butuh untuk contoh program yang akan di buat…
    harap cepat karena kami siswa-siswi SMK sangat butuh.. lw bza data database apotik N database surat masuk dan keluar…

  55. mas bisa tolong kasih tau soure code laporan bulanan. aku pke vb 6,0 dan crystal reaport 6.0.
    mohon bantuannya ya mas.
    kirim aja ke email ku biar bisa ku pelajari karena ak bntar lagi TA ne.
    kirim ke raga_cool@yahoo.co.id
    tolong ya mas…
    please baget…………………………

  56. lam kenal bang……… abdi Then Die bang MINTA SOURCE coDE program perpustakaan ma prog. penjualan pembelian!!!!!!!! bang sbelumnya makasih y!

  57. minta tulung dung…
    sebenerny udh bayak se yang nanya tapi blum jelas aj gmana caranya buat crstl rpt di VB..thnk

  58. saya mau tanya dunk…
    saya kul di UGM semester 6…
    saya lagi bikin interfacing port serial dengan vb
    vb na ntar tugas na baca perubahan pada pin no 1 di port serial (DCD), tiap da perubahan akan di scan waktuna
    saya dah pakai io.dll pa commport tp g bs
    help meeeee

    makasih

  59. salam kenal bangdanu, mohon bantuan bang danu, mohon banget bang, bang tolong beritahu saya bang, gaman cara membuat laporan untuk program visual basic, yang susunannya bisa kebawah, kesamping, pandu saya ya bang danu, flize banget bang, kirim kealamt saya kalo ada software tambahan nya yang bang danu.(bobbiqu@gmail.com)

  60. bang danu progam kecil2anq kurang data report & environment, gpp yg pnting bs buat sangu lulus kuliah… uda ku download tutorialnya..
    terima kasih y mas

  61. bang danu progam kecil2anq kurang data report & environment, gpp yg pnting bs buat sangu lulus kul… uda ku download tutorialnya..
    terima kasih y mas

  62. halo bang danu ,nama saya elwin.Saya mo tanya kalo buat report pake data report ada fungsi buat bikin nomor gak perdatanya.contoh:
    no kode_nama nama
    1 k01 agus
    2 k02 joni
    3 k03 dodi

    no 1,2,3 bisa gak dibuat di data report .
    Krim ke email saya ya mas:n3_aruto@yahoo.com.

  63. bisa gak koneksi ke data report tanpa data environtment…??
    juga tanpa koneksi ado… tp pake dao 3.6…??

  64. cara bikin laporan per tgl,per bulan,trus pertahun gimana yach..
    ehm cara bikin di v.b itu sendiri
    sm bikin di C.S..
    …. makasih…

  65. cara bikin laporan per tgl,per bulan,trus pertahun gimana yach..
    ehm cara bikin di v.b itu sendiri
    sm bikin di C.S..
    …. makasih…

  66. bang sebenernya ada gak sih button yang bisa dimasukkin ke dalam data grid di VB tapi bukan VB Net? kalau ada tolong kasih tau caranya y? makasih..

  67. mas…saya mau tanya?gmana cranya buat program laporan per periode..databaseny pke sql 2000 untuk laporannya pke data report.?trims..

  68. bang ,,,,,gy mna kalo data reportnya dibikin kxak sebuah laporan berita acara,,,,,mohon bantuannya ya bang

  69. BANG DANU TOLONG DONK,,????
    TLG KIRIMIN CARA BUAT LAPORAN PER PERIODE PAKE CRYSTAL REPORT 8.5 TOLONG BGT DI KASI TAU LANGKAH DEMI LANGKAH SOALNYA NEWBIE BANGET TOLONG BGT KIRIM K E-MAIL van_bassmonster@yahoo.com KALO BISA JANGAN LAMA2
    HEE…

  70. salam:
    ikut gabung pak…

    saya lagi nyusun TA nih….mentok di lap.programny…
    mu nanya pak??
    kalo untuk mencetak lap.di vb dengan databases acces dengan data report hanya satu data dari databses(tidak seluruh data yang ada pada tb databases)dan setelah di cetak data dalam tabel databases tersebut terdelet alias data dalam satu tabel databases tersebut kosong…source codenya gimana yach….mohon bantuanya pak…
    (email : benywahyudi29@yahoo.com)
    terimakasih……

  71. saya udah berhasil bwe coba bikin program pengolahan database untuk sebuah perusahaan.Tapi masih kesulitan untuk bikin data reportnya.tlg bntu ya . .hhe :)

  72. Mas…. saya nak smk infokom bogor…
    saya boleh minta srcipt” program database g?
    sama cara buatnya….
    jadi gampang klo ada tugas dari guru…
    maav ya ngerepotin hehehe ^_^

  73. Aku buat program untuk rental VCD. program n reportnya uda jadi, kecuali report buat “Laba pada suatu tanggal tertentu”. Laba dihitung dari ((Pendapatan Sewa + Pendapatan Denda)-Pembelian Kaset)), aku pake DTPicker untuk milih tanggalnya. tu gmn caranya ya?kesulitan masukin parameter tanggalnya. Please Help Me.. . . . .

  74. aduh bntu aq donk…..gmn sich cara memperbanyak…
    “(‘” & Trim(txtid_nm.Text) & “‘” & _
    “,'” & Trim(txtnama.Text) & “‘,” & _
    “‘” & Trim(txtalamat.Text) & “‘)”
    di bwh nie…yg editan untuk 3 field..
    gmn cra mempebnyak,a ya
    please bantu aq

  75. saya bingung neh slnya saya di suruh buat proyek di sebuah perusahaan tp yg aq bingungnya cara buat No otomatis di vb.net…
    ada yg mau bantu gk???
    klo ada krm bantuanya ke email aq ya:suburtelkom@gmail.com

    thanks ya….

  76. mw nanya dunk,,,

    gmn cara buat data report vb6 dengan data/field yang banyak,skitar 25 field???

    karna pasti tidak akan cukup pada data report,,,

    mw minta source code jika tampilan sperti d bawah ini,,

    No 1 2 3
    Nama lia caca mina
    alamat cengkareng bogor jakarta


    .



    ..


    dst seperti itu,,
    thx,,
    mhon bntuannya,,,,

  77. mau tanya nihhh…..
    ada kode barang di dalama database SQL…
    contoh kode : 01 02 03
    kita ambil kode 02 kemudian datanya keluar tapi langsung menuju ke data report environment gmn caranya……

  78. Bang….
    mau tanya nie…
    coding untuk ” Edit” di vb pake data environment gimana ya,,,,,
    tolong dong bang, saya dah coba tapi error trus nie…
    kalo bisa sie pake contoh program aja.
    trima kasih ya
    kirim ke email : mengkidgila@yahoo.com

  79. Om…. klo bwat rpot dengan C# bgai mna ya scrip na??? aq bru blajar pemrogaraman jd blm tau banyak……..

  80. mau nanya mas, mencari laporan periode dengan menggunakan dua datetimepicker misalkan ( antara tanggal 12/01/2010 sampe 15/02/2010 )
    menggunakan vb.net dengan data base micrsoft access..
    kodingan di crystal report nya gmn ya ???
    mohon bantuan nya.. terima kasih

  81. aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
    cara buat cetak laporan dgn data report sesuai dgn tgl yg d tentuin gmn c???
    gw dah cba tp msh da yg error trs…
    btw gw pke dao n database access..
    thx ^^

  82. Duhhh bang Qbingung banget nich mo buat TA,,,pakai vb,,tapi aq gak bisa data reportnay,,,bantu saya yachhh??//

  83. saya bingung nie …
    untuk menampilkan database per record pada dataenvironment, bagaimana cara’y …????

  84. saya mw tny bgmn script bwt bikin nomor urut otomatis??saya menggunakan vb 6 & reportnya pake active report…mohon pencerahannya…trimakasih.

  85. kang gimana caranya kita membuat report penjualan di CR 8.5 tetapi field tanggal type nya adalah text bukan date??bisa kasih cuplikan codingnya gak??? misal 10/09/2010, nah ntar di VB kita ada combobox yang mengambil nilai bulan saja yaitu “09”???gimana kang???
    nuhun tos di jawab..
    mahasiswa asli lembang.

  86. adangak caranya agar ukuran kertasnya bisa kita pilih?
    misalnya kertas A4,A3 dan yang lainnya….
    tolong dibantu ya…..
    jika bisa kirim ke email ku ya….

  87. Bang Danu : Maaph numpang nanya ne…\\

    Saya kebingungan dalam membuat laporan (Data Report dan Data Environment)pada VB6 dan database Access 2003 yang terpasword, saya coba gagal terus…

    Bisa kasih solusi mas?…

    Terimakasih,

    Salam,

    Arif…

  88. bang maph ne numpang tanya…/

    saya mw buat konversi dari teks ke sandi morse dengan VB 6, mohon bantuannya
    mgkin saya harus make komponen apa ajj, soalnya saya mau buat pake suara morsenya jg.

    saya ini udah coba make suara ma sandi moersenya dengan format.swf trus saya masukin database,
    gimana ya cara manggilnya .swf ke texbox

    saya tunggu reply nya…bang.

    thanks,

  89. bang, aku minta tolong.
    aq baru buat report penerimaan barang dengan data environment.
    tapi saya ingin buat dengan shorting berdasarkan no_pengiriman barang.
    menggunakan listbox untuk memilih no_penerimaan barangnya.
    tolong ya…..

  90. halo mas aq cuma mau nanya,,,
    kalo ngambil report per tanggal atau bulan gmna caranya ya tapi aq make data report nga make crystal report nya,,,,

  91. Saya mau nanya, bentar lagi saya seminar KP….. mau menanyakan bagaimana cara membuat laporan perjangkawaktu dan perbulan di VB 6.0 dgn menggunakn cristal report 8.0 dan databasenya menggunakan sql 2000….. Mohon solusinya secepatny… trimakasih.

  92. mas mau numpang nanya, gimana sih caranya supaya nama yang ada di vb bisa masuk ke crystal report, terima kasih …….

  93. gmn cra bkin laporan mingguan,bulanan&tahunan utk program penggajian menggunakan vb pke data environment???
    klo bz,tlg bantu contoh listing’a y..!!!
    tnx..

  94. @Yanti, Junior Blogger, Nanang Suryana, I Putu Wijaya: Untuk laporan pertanggal dengan range tertentu sebaiknya menggunakan 2 buah datepicker, 1 Adodc dan 1 DataReport dengan asumsi datepicker1 sebagai tanggal awal, dan yg kedua sebagai tanggal akhir, sementara dataenvironment digantikan dengan Adodc.Cukup buat 1 jenis form dan laporan saja untuk menghandle laporan mingguan,bulanan dan tahunan. Listing untuk tombol cetaknyanya kira2 seperti ini :

    Private Sub cmdcetak_Click()
    sql = “SELECT * FROM nama_tabel WHERE Tanggal>=#” & Format(DTPicker1.Value, “YYYY-mm-DD”) & “# AND Tanggal <=#" & Format(DTPicker2.Value, "YYYY-mm-DD") & "#"
    Datagaji.RecordSource = sql
    Datagaji.Refresh

    Set LapGaji.DataSource = Datagaji
    LapGaji.Refresh
    LapGaji.Show
    End Sub

    Semoga berguna. ^_^

  95. mas Danu, saya mau tanya tentang grafik di vb6..
    saya punya data di tabel kendaraan trus saya mau tampilkan laporannya dalam bentuk grafik, bagaimana caranya? butuh segera nih :D

  96. mas danu, nanya donk gimana caranya melakukan pembulatan di crystal report??misalnya angka 3.987.345…na, yang 345 mau di jadiin 000??sy pake database access 2003 n vb 2005

  97. mas,nanya donk..gimana caranya mem-filter nama di form vb 2005??sy mau buat form filter yang didalamnya ada toolbox search, jadi kalo di isi nama di toolbox nya, pas di enter bisa di liat hasil yang di mau..pake datagridview ato gm mas untuk tampilnya??mohon penjelasannya, dan kode programnya kalo bisa..makasih banyak sebelumnya mas..

  98. Bang boleh minta syntax penjumlahan data dalam ListBox ga di Program VB.Net 2005 kalau abang ga repot boleh dong di email ke (dhe_poetra@ymail.com) salam kenal dan terimakasih sebelumnya…

  99. wwiihh ,.bingung ‘ternyata kaka kelas aku juga banyak yang gak bisa ya ‘hehe
    saya ajah bingung yg masih SMA ‘haha

    tinggal satu lagi bikin laporan dan aplikasi ku sudah 100% sempurna deh .hehe

    ada video nya gak ini ?!

  100. Bang mohon penjelasannya.
    Saya buat laporan harian dan bulanan, tapi kedua laporan tersebut kalau disatukan dalam form kenapa yang bisa nya hanya laporan bulanannya saja sedangkan lapoan hariannya tidak bisa tampil(kosong datanya) saya menggunakan vb.net dg access

  101. bang aku lagi nylesein KP ni,ada revisi ni bingung aku.aku ngambil pembahasan di rapot digital,tapi masih kurang di bagian rata – rata kelas.dah bingung bagt ni,tolongin dong bang soure codenya.makasih.

  102. Bang mo tanya yah, munculin data environment gimana caranya,di menu projeck di klik tidak ada tulung yah….kasih tau caranya?

    thx .

  103. Bang saya baru dengan VB, mau tanya code ngeprint dengan VB 6 tuh gmn ya bang???,thx sebelumnya..

  104. @ade : Maaf baru dibalas ya. Ngeprint apa nih maksudnya? Laporan atau Form? Kalau form tinggal beri perintah NamaForm.PrintForm aja. Kalau laporan harus disesuaikan dengan data yang mau diprint, baru diberikan listing yang sesuai. :)

  105. mas, gmana se buat data penduduk dengan mengunakan input di visual basic lalu output nya berupa grafis,. mohon petunjuk nya ya,.

  106. saya mahasiswa tingkat akhir di salah satu STMIK kota medan ..
    saya mw buat program search engine berbasis vb 2008, bisa tolong bantu gak om admin :) trims ^_^

  107. @rubian: Wah jangan2 domisili kita gk jauh ya? :D Untuk Search Engine dengan VB 2008 jangkauannya mau seperti apa ya? Mau dibuat kayak Bing? Index referensinya harus banyak tuh. :)

  108. numpang nanya mas, saya sudah membuatkan query di database ms. accses tapi saya kebingungan bagaimana memfilter laporan menngunakan crystall report dengan mengambil data dari query yang telah saya buat tadi,
    mohon bantuannya mas,,

  109. gan, bisa tolong saya gak. gimana cara bkin report untuk nampilin 1 data aja atau bkin lap harian/bulanan.

  110. gan mau nanya donng, cara input data tapi mesti pake ada gambar nya di datagrid sama report , gimana tuh ?

  111. Assalamualaikum
    Gan saya mau tanya :
    biar tinggi kertasnya otomatis gimana?
    ini contoh kodingnya –> Private PaperSize As New System.Drawing.Printing.PaperSize(“Custom Size”, 740, 800)
    “””800 itu tinggi manualnya”””

  112. Excellently written writeup, doubts all bloggers offered the same content material because you, the internet is actually a greater location. Please maintain it up!

Tinggalkan Balasan

