Pemrograman Database dengan perintah SQL

Selain menggunakan perintah dasar pemrograman database seperti addnew, edit, delete, dsb. Pada pemrograman database kita juga dapat menggunakan beberapa perintah SQL(Structured Query Language) untuk melakukan proses penambahan data, pengeditan, pencarian hingga penghapusan data dengan lebih mudah, yang dibutuhkan hanya logika anda menterjemahkan perintah ke dalam bahasa Query. Somoga artikel ini bermanfaat bagi yang mau belajar pemrograman dengan perintah SQL dan tentunya yang masih bingung dengan perintah-perintah SQL. SEMOGA

Baca Selengkapnya: Pemrograman Database dengan perintah SQL

68 thoughts on “Pemrograman Database dengan perintah SQL

  1. tolong dong saya diberikan bagaimana cara untuk pertama kali belajar database dan apa saja yang harus saya persiapkan untuk belajar dan mempraktekannya karena saya baru belajar komputer.

    Jawaban dari bangdanu:
    Untuk belajar database pertama kali saya anjurkan memakai program Microsoft Access karena lebih mudah dimengerti, untuk proses pendefinisian database sendiri ada tahap normalisasi terlebih dahulu. Untuk jelasnya tunggu aja beberapa hari lagi saya akan berikan artikel. Rajin-rajin aja buka blog saya ya. :D

  2. terima kasih ya tutorialnya saya sih belum coba namun saya tertarik dengan pemrograman VB.

    Jawaban dari bangdanu:
    Terima kasih kembali. Jangan bosen mampir ya. :D

  3. bang danu, ko syntax yg saya download waktu running error. knp y?
    Public Sub Tombol(tambah, edit, simpan, batal, hapus As Boolean)
    cmdtambah.Enabled = tambah
    cmdedit.Enabled = edit
    cmdsimpan.Enabled = simpan
    cmdbatal.Enabled = batal
    cmdhapus.Enabled = hapus
    End Sub

    Jawaban dari bangdanu:
    Kalau boleh tahu pesan errornya apa, perintah itu adalah prosedur untuk mengaktifkan/menonaktifkan (enabled/disabled) tombol pada form. Perhatikan jumlah variabel dari prosedur tombol harus sama jumlahnya dengan ketika dipanggil.

    Pendefinisian:
    Public Sub Tombol(tambah, edit, simpan, batal, hapus As Boolean)

    Pemanggilan ketika form load:
    Tombol True,True,False,False,True

    Logika:
    Tombol tambah,edit dan hapus akan disetting enabled/aktif ketika form pertama kali loading/ditampilkan.

    Semoga bermanfaat. Jangan menyerah untuk belajar dan terus mencoba. :)

  4. aq diky boy,pengen belajar VSB,ajarin dong…. please….
    1 lg gmn carana bwt buka file yg d pasword

    Jawaban dari bangdanu:
    VSB???. Wah kalau cara buka file yang dipassword saya gak bisa ngajarin, itu kan program enkripsi, rada lama belajarnya. Kalau cara bikin form password di program baru saya bisa ajarin. :)

  5. Bang,,,ad tutorial tentang pembuatan prgram kasir g??
    Saya butuh banget nie..

    Ad tugas utk buat programnya!!!

    Tolongin y!!!

    Thx

  6. bangdanu, kl mau belajar database tp lewat kursus
    dimana ya yg bagus?
    thanks lo atas infonya.

  7. yang terhormat para crew ilmukomputer.com, tolong donk tampilakan macam-macam project aplikasi database jadi sebuah perparkiran, penggajian dll mengunakan vb dan sql server yang pernah menjadi project crew ilmukomputer.com.
    terimakasih

  8. yang terhormat crew ilmu koputer, saya mau tanya gimana cara bikin user name dan password menggunakan VB.terimakasih

  9. Bang Danu, mo minta advis & solusi. Begini aku mau nge-print format pph ps 23 dengan database yang berlainan dan banyak sekali, maksudku gimana caranya print secara otomatis dengan database yg sekian banyak itu, tanpa harus input data secara manaual satu persatu. Untuk info format pph 23 ku pakai Excell, tentu advis Bang Danu akan sangat bermanfaat bagi saya, boleh juga via email ku-terimakasih

  10. bang danu mu tanya klo di VB bsa ga melakukan pencarian untuk 3 jnis dta pd stu tmpat (kode pncariannya disimpen di 1 command button)
    makasih

  11. tolong bantuan nya buat semuanya….

    jika saya ingin membuat sebuah aplikasi yang menggunakan database sql server, apakah di komputer yang nanti saya install harus terinstall sql juga,..?

    jika saya menseting lewat ODBC bawa windows, gimana caranya yach…

  12. Bang Danu, mohon bantuannya ..gimana caranya agar isi “combobox” tergantung pada isi “combobox” lain yang dipilih?

    contoh: list combobox 1 = “Kelas A”;”Kelas B”
    list combobox 2 = “Murid 1″;”Murid 2″
    “Murid 3″;”Murid 4″

    yang ingin saya buat adalah ketika combobox 1 =”Kelas A”, maka combobox 2 akan berisi “Murid 1″ dan “Murid 2″, jika yang terpilih “Kelas B”, maka combobox 2 akan berisi “Murid 3″ dan “Murid 4″.
    List combobox tersebut berasal dari database access.
    Bagaimana caranya untuk meng-link-kan “RowSource”nya yang berasal dari database tsb? Sekalian gimana code SQLnya….tks yach bang….

  13. bang informasinya bnyk bgt tq y meski aq g tny tp aq liat pertanyaan dr tmn2 jd isa tau hihihi tq bang tq jg ama tmn2 yg uda nanya y ^^

  14. kak saya minta tolong contoh penbuatan program dg VB dg database melalui MS.acces.ini untuk tugas akhir aku.

    Jawaban dari bangdanu:
    Sabar ya, bentar lagi saya upload .OK. :)

  15. Aslmkm…

    Bang danu, artikel pemograman data base menggunakan VB yang kelima, kapan terbitnya nich?

  16. bangdanu bagaimana cara membuat database dlm VB,karna saya msh belum banyak tau! supaya mudah belajarnya bagaimana?

  17. bank danu aku baru kenal vb tapi aku udah langsung suka aku mau nanya bagaimana cara belajar vb yang baik dan aku lagi pengin belajar data base ajarin donk

  18. bank kasih tau cara njalanin & nutup program tanpa harus masuk ke VB dlu dunk!!please,,,
    jadi dari klik dari dekstop program lagsug jalan & langsug ke dekstop kalau di klik exit!!
    makacih,,!!

  19. berapa speech minimum jika nginstal vb mas?makasi sebelumnya……
    trus cara buat data base di vb bagaimana?
    saya awam dengan data base
    mohon bantuannya…..mana yang lebih bagus buat database,dari vb apa dari MySQL

  20. Bang saya belajar Db Access, ketika menghubungkan relationship kok cuma bisa dari one to many doank kalau mau buat many to many or many to one gima yaaa??????

  21. saya sudah mempelajari macam2 Vb menggunakan SQl..
    namun tetap saja Logika saya sulit saya translate kedalam bhs SQL..
    bagaimana caranya?? apakah ada tutorial untuk melatih logika kita?

  22. bg Danu bagaiman cara membuat database melaluli VB,kan kita mulai dengan meng klik add ins ya. trus gimana lagi? tolong tutorialnya.
    truzz tolong dong tutorial cara buat program data base siswa lewat VB.
    dan 1 lagi cara buat program data base VB jadi master set up
    trima kasih

  23. ada yg punya program sql untuk diinstal ga.?

    saya baru beljar Program database dengan menggunakan SQL..

    so klo ada softwarenya tolong kirim ataw upload aja ya..

    thak’s you broo

  24. Bang Saya sudah bikin program sederhana dengan VB 6.0 dan dataBasenya dengan Ms Access 2003, yang jadi masalah saya sekarang adalah saya buatkan login untuk masuk ke program dan itu di bedakan menjadi login admin sama client, dimana dimenu Utama akan tampil barang & Pelanggan, Bagamiana listing programnya supaya kalau menggunakan login admin (dimenu Utama untuk penambahan barang akan muncul / aktip untuk penambahan barang) dan jika menggunakan login client di manuUtama tidak bisa melakukan penambahan barang / tidak aktif untuk Barangnya cuma pelanggan saja. Mohon pencerahannya terima kasih

  25. Bang Danu, tolong donk kirim contoh program visual basic untuk mencari, menambah data dikaitkan dengan Microsoft Acces ?

  26. bag bagai mana cara membuat database ‘M ACCES dan menkoneksikan kedalam VB, yangnya dataBase Sbb:
    1: PEGAWAI
    Field :Nip,text(9)
    Field:Nama,text(35)
    Field:Alamat,text(50)
    Field:KdJabatan,text(2)
    Field:kdBagian,text(2)

    2 JABATAN
    Field:kdBagian,text(2)
    Field:KdJabatan,text(2)
    Field:NMJabatan,text(20)

    3Bagian
    Field:kdBagian,text(2)
    Field:nmBagian,text(2)
    4ABSENSI
    Field :Nip,text(9)
    Field:tanggal,date
    Field :jam_datang,text(5)
    Field :jam_pulang,text(5)

  27. untuk IBnu, gini aja :

    Dim con As New adodb.Connection
    Dim rec As New adodb.Recordset

    Private Sub Form_Load()
    con.Open “Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0;Data Source=D:\namadatabase.mdb;Persist Security Info=False”
    con.CursorLocation = adUseClient
    If rec.State = 1 Then
    rec.Close
    End If
    strsql = “select * from table”
    rec.Open strsql, con, adOpenDynamic, adLockBatchOptimistic
    Set grid.DataSource = rec

    ‘untuk tombol save, ini codingnya :
    rec.addnew
    rec.Fields(“NamaColoumDiAccess”) = NamaTexboxDiVB.Text
    rec.Fields(“NamaColoumDiAccess”) = NamaTexboxDiVB.Text
    rec.Fields(“NamaColoumDiAccess”) = NamaTexboxDiVB.Text
    ‘tinggal diganti aja namanya dan seterusnya
    rec.updatebatch

  28. Bang Danu, Salam Kenal sebelumnya. Saya Mau Nanya:
    1. Apakah untuk koneksi dari ADO dan mengeksekusi sintax SQL kita wajib menggunakan source seperti ini:
    “Dim Merk New ADODB.Connection
    Dim rsMerk As New ADODB.Recordset
    Private Sub Form_Load()
    con.Open “Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0;Data Source=D:\namadatabase.mdb;Persist Security Info=False”
    con.CursorLocation = adUseClient”
    Jadi selain cara itu nggak bisa?

    2. Untuk providernya sebaiknya kita milih yang mana yang paling bagus?

    3. Bisakah SQL itu dijalankan dari komponen VB (ADODC) yang terkoneksi ke database MS ACCESS (MS ACCES 2000), misalnya ADODC itu properti name-nya AdoMerk trus ada gini kodenya:

    AdoMerk.Recordsource = “SELECT * FROM a WHERE b= %'” +txt.text+”‘%”
    AdoMerk.Refresh

    Saya buat kode seperti itu tapi error (lupa sebutan errornya apa, tapi kalo nggak salah: ERROR IN FORM CLAUSE”

    4. Gimana cara ngatasi masalah nomor 3 itu sebaiknya?

    Demikian pertanyaan saya, saya harapkan dapat jawaban. Terima kasih sebelumnya.

    Jawaban dari bangdanu:

    Mbak Siti yang terhormat,
    1. Cara yang lain bisa dengan menggunakan komponen ADODC secara langsung dan memberi sintaks pada connection string.
    2. Kalau menggunakan Access, sebaiknya tetap pakai Jet OLEDB 4.0 atau bisa juga menggunakan ODBC Connector.
    3. Untuk masalah sintaks ini coba tambahkan sintaks berikut sebelum perintah SELECT:
    AdoMerk.Commandtype=AdCmdText,
    Kenapa? Untuk mengatasi jenis perintah yang akan dibaca Adodc adalah Text(SQL) bukan Table.
    Untuk sintaks SQLnya coba dirubah menjadi:
    AdoMerk.Commandtype=AdCmdText
    AdoMerk.RecordSource=”SELECT * From a Where b='” & “%” & txt.text & “%”

  29. sblmnya sLm knl aj,
    oia sy skrng lg susun ta dng jdl database penggajian. disalah satu
    instansi. bang tolong sy tentang sofwarenya.

  30. terimakasih mas danu atas ilmu yang telah mas danu sharing
    mudah2 ilmu ini bisa bermanfa’at bagi para pembaca yang sudah mampir di blog mas danu.
    kalau ada lagi yang bermanfaat sharing ya mas..
    vb net, delphi, php, javascrip, boleh juga tuh mas..
    ya buat modal saya untuk belajar…. :)
    maklum mas saya ini pendatang baru belum ngerti/paham betul tentang pemograman database khusnya membuat suatu perangkat lunak untuk sistim informasi

    wasalam
    siddik

  31. aduch aku kesulitan dalam mengerjakan TA ni. tolong bantuin dong, maunya bikin database pengolahan data nilai dan pendaftaran siswa baru. tapi kurang faham bahasa sql….

  32. LAM KENAL………..
    Q MO NANYA KLO NUAT PERINTAH HAPUS,INSERT, UPDATE PD SQL SINTAKNYA KY GMNA YA??

  33. bang salam kenal,,,
    saya lagi bikin program vb tentang penerimaan siswa baru, no pendaftarannya pake no otomatis saya ga bisa nie gmn dung tolong bantuin ya bang!!!!

  34. ini saya pake vb dengan sql server, pake sintak sql (insert , updat dan lain, tapi kalo dimasukin (‘) pasti simpan atau edit pasti eror .tu masalhnya apa

  35. wah keren tu bang danu….

    belum dicoba sih, tapi saya tertarik tentang hal di atas….

    kalo ada info terbaru tolong kasih tahu dan kunjungi saya..

    hanyakomar.wordpress.com

    maksih atas perhatiannya..
    :-)

  36. mas Danu aq pux sdkt masalah.
    aku buat kode berikut : ‘ datacombo1.rowsource….dst’
    ketika aku run muncul pesan “method or data member not found”
    gimana cara nambahin metod rowsource?

    thx mas

  37. bang danu mw nanya nih minta source kode koneksi database ke sql server dan bagaimana kode updete dan delete nya minta tlong di krim ke emailku ya

  38. saya kan punya 2 tabel di sql server saya beri nama penjualan dan stock yang penjualan isinya idbrg,nama,qty,hargasat,dan total sedangkan yang stock id brg,namabrg,haragasat,serta stock
    sementara tabel penjualan sudah saya panggil di vb.net bagaimana caranya apabila saya menginsertkan kode brg di penjualan otomatis nama barang,harga satuan akan muncul otomatis dan stock berkurang minta tlong source kodenya dong beserta relasinya tolong di kirim ke email saya dong di Fath.Rudy@gmail.com thank bang danu

  39. Mas saya lagi kesulitan:
    Bagaimana menghubungkan MS Access project dengan ms sql 2000 yang ada pada SERVERs ,,,terima kasih…

    WILDON

Berikan Balasan

