Pemrograman Database dengan VB dan MySQL

Banyak pendapat yang mengatakan sulitnya mempelajari teknik bahasa pemrograman, baik karena alasan algoritma pemrograman, bahasa yang digunakan berbeda dengan bahasa manusia, dsb. Pada bahasan kali ini kita akan buat belajar pemrograman Visual Basic menjadi lebih mudah dan lebih menyenangkan. Pembahasan diberikan dari dasar pemrograman hingga ke tahap pemrograman database dengan koneksi database MySQL. Semoga makin banyak programmer di negeri tercinta kita ini. SEMOGA

Download Artikel Lengkap (PDF) :

Bagian 1 : Pengenalan VB, Variabel, Tipe Data dan Operator

Bagian 2 : Percabangan dan Perulangan

Bagian 3 : Database dengan MySQL

Bagian 4 : Pemrograman Database

Download Perangkat & Program Pendukung : *NEW

1. MySQL Front

2. PHP Triad (Include MySQL)

3. MySQL ODBC Connector

4. MySQL Server

247 thoughts on “Pemrograman Database dengan VB dan MySQL

  1. Terima kasih atas ilmu yang berikan,,,
    Selama ini saya hanya pernah memakai koneksi dengan access,,
    Tapi saya ingin sekali belajar memakai databse MySQL,,
    Tolong ditambahkan lagi tulisannya mengenai cara koneksi ke database MySQL beserta contoh programna,,,
    Semoga kebaikan bapak danu mendapat balasan yang setimpal dari tuhan yang maha esa.

    Terima kasih.

    Jawaban dari bangdanu:
    Amin…

  2. Ternyata banyak juga yang minat pemrograman ya. Tapi mohon sabar karena untuk upload artikel dalam ukuran besar butuh waktu yang agak lama, oleh karena itu artikel ini saya pecah menjadi beberapa bagian. Semoga bermanfaat. Amin.

    Pakai VB.NET, tenang nanti ada waktunya….. ^_^

  3. Kalau untuk mengajari anak2 programming sebaiknya pakai apa ya…?
    Trims.

    Jawaban dari bangdanu:
    Anak usia berapa yang ingin diajari? Kalau usia dini (usia SD) sebaiknya jangan dulu. Bukan apa2, kasihan matanya. Kalau udah masuk SMP baru diajarin. Kalau anak2 sekarang senengnya belajar dengan tampilan visual yang bagus dan gampang dimengerti. Visual Basic/Delphi mungkin bisa menjadi rujukan. Thanks

  4. ini mas danu ngc n gama educa itu bukan?

    Jawaban dari bangdanu:
    Maaf mas salah orang, kalau yang itu mungkin yang dimaksud pak danu wardono, rekan mengajar saya juga di fasnet UGM.

  5. thanx. . . . klo bisa disertakan dengan tutorial desain web sehingga jalan menuju webmaster dapat terbuka lebar bagi kita – kita yang masih newbie dalam teknologi informasi khususnya dalam pengolahan data web yang interaktif . .

    Jawaban dari bangdanu:
    Tenang semua ada waktunya, untuk sementara kita fokuskan ke desktop programming dulu. Belajar satu persatu biar gak pusing dan kentang (kena tanggung). OK ^_^.

  6. Makasih bang danu dah mau bai2 ilmux dan orang yang kaya gini ilmux ga akan habis mas klo ada yang mau saya tanyakan boleh kan saya kirim di email mas danu

    Jawaban dari bangdanu:
    Boleh saja, selama bisa saya jawab, akan saya bantu. Saya juga punya keterbatasan pengetahuan, harap jangan marah kalau jawaban tidak sesuai keinginan ya. :)

  7. Wah makasih banget ya Bang Danu, semoga tutorial yang diberikan dapat memberikan manfaat bagi siapa saja yang memerlukan..

    ditunggu nih tutorial-tutorial berikutnya ! :-)

    Jawaban dari bangdanu:
    Terima kasih kembali. Doakan saja semoga tulisannya lancar. :)

  8. Tolong ajarin dong …..!!!
    Gimana cara menggunakan database dengan checkbox.
    dan checkbox tesebut ketika kita input nama, misalkan Nama : Aji.
    lalu Checkboxnya Laki-laki.
    dan ketika membuat nama baru (Add) checkboxnya ngga enablednya ngga false.

  9. Salut banget ma mas danu, di tenggah kesibukannya masih sempat bagi22 ilmu nya , smoga mas slalu mendapat berkahnya, amien !!!!

    Jawaban dari bangdanu:
    Amiiiin. Terima Kasih atas doanya.

  10. mksh bro ilmux ud dibagi2 ke org2 mg2 bro bnyk rzkiiiiiiiiiiiiiiiiii

    Jawaban dari bangdanu:
    Amiiiin. Terima Kasih atas doanya.

  11. bang, bisa bikin use case ga?bikin step by step and contohnya juga…buat skripsi saya bang…binggung bikinnya…thanks..

    Jawaban dari bangdanu:
    Use case? Masih kurang jelas nih. Biar jelas email saya tentang program yang mau dibuat. Mudah2an bisa saya bantu.

  12. bang danu jadiin 1 paket donk untuk tutorial VBnya

    Jawaban dari bangdanu:
    Wah maaf tutorialnya memang sengaja saya bagi-bagi, supaya belajarnya enak, dan gak males bacanya.
    Sebenarnya ke-4bagian itu 1 paket kok. Baca aja ya. :)

  13. waaduh mas banu keren ABISSS, murah hati dan tidak sombong ngebagi-bagi ilmunya secara gratis

    dah ngasih tutorial VB+My sql

    moga2 ilmunya dicerna ma saya yang masih pemula

    oh ya mas tulis juga dong VB+ACCESS or VB+SQL SERVER

    di tunggu ya tulisannya
    MAkasih

    Jawaban dari bangdanu:
    Sabar ya, untuk VB+Access sudah siap diterbitkan, untuk vb+SQL Server tunggu aja tanggal mainnya.
    Ditunggu ya. ;)

  14. mas danu tolong emailin saya dong step by step untuk mengkoneksikan database mysql dengan VB yach…tolong saya yach…. saya masih pemula nih. thanks

    Jawaban dari bangdanu:
    Untuk step by step koneksi database sudah saya jelaskan pada bagian 3 & 4 tulisan diatas. Dibaca aja OK.

  15. Mas Danu …. keren banget, Mas sampai brapa bagian sih tulisannya ?

    Jawaban dari bangdanu:
    Untuk Judul ini 4 bagian saja. Biar gak terlalu banyak dan capek bacanya. Untuk bahasan selanjutnya akan ditulis dengan judul berbeda. Doakan saja semoga lancar ya. :)

  16. jin nih mo aku donlot……
    boleh gag???

    Jawaban dari bangdanu:
    Silahkan mas, nyantai aja asal gak dijual lagi aja tulisannya. ;)

  17. bang danu,salam kenal aku pengen nanya ttg program vb, saat aku runing pada out put nya keluar invalid data source.

    Jawaban dari bangdanu:
    peringatan invalid data source berarti database yang dibaca oleh program tidak dikenali (biasanya jika kita memakai komponen data, database access yang bisa dibaca hanya versi 2000 kebawah, selain itu harus diconvert ke format 97 dulu), atau mungkin lokasi database tidak ditemukan folder tempat penyimpanannya.

  18. salam kenal mas danu…!

    thanks atas artikelnya, moga dapat balasan lebih dari Allah SWT.

    terus berkarya mas…!!

  19. tolong kasih tau caranya buat effect pada picture biar gambarnya bisa muncul waktu di klik tapi munculnya cuman didaerah yang diklik doank.
    n giman carane ngasih batas area,kayak di peta.nie ak lg buat proyek peta kota solo…
    tolong ya…

    Jawaban dari bangdanu:
    Wah kalau buat project peta sih lebih baik pakai program flash atau program lain yang khusus untuk multimedia dan grafis. Kalau pakai vb sih bisa, cuma tampilan dan kecepatannya itu gak bisa maksimal.

  20. sory ya
    aku ne pengen jg bua peta tp ‘gk bsa gmna ya
    nana tlog ajarin aku donk
    krm aj ke email aku
    (muhammadidrus51@ymail.com)
    tank

  21. salut banget buat Bang Danu yang udah bikin tutornya, tutorialnya sangat membantu saya sebagai seorang pemula. Bang Danu tolong bikin tutor database Load & Save dari/ke excel
    makasih

  22. Salam kenal bang,saya gunawan.Bg Danu,saya minta teori dasar2 MYSQL dong,bang!saya pengen belajar MYSQL.Tolong kirimin ke email saya,bg!ni email saya bg”bispakml@yahoo.co.id”Makasih banyak ya bang Danu.

  23. makasih ilmunya ……. Mas pdf bagian 1 nya kok damage??? bisa kirim ke email ku makasih ya??? soale aku mau blajar. tks.

    NB. orang yang ga pelit ilmunya akan semakin pinter….. semoga

  24. makasih banget bang Danu,
    aku emang baru belajar, tapi tulisan bang Danu gampang dipahamin
    semoga ilmunya manfaat & barokah dunyan wa ukhron
    amiin

    Jawaban dari bangdanu:
    Amin ya rabbal alamin. Senang bisa membantu.

  25. makasih bang Danu
    semoga ilmunya manfaat dunyan wa ukhron
    amiin

    Jawaban dari bangdanu:
    Terima kasih kembali. Amin…

  26. Om, Ijin meng-unduh tutorial-nya yak. Abisnya ogut dah beli buku beraneka-warna isinya pada ga beres…..

    Laghi pengen nyobain hunting tutorial dari blog.

    Thanks a million, one day I’ll repay with my tutorial…hehehehe… eye for an eye

  27. salam kenal bang Danu, minta tolong diajarin VB tuk pemula seperti saya, please. kalau boleh tolong kirim ke email saya, taufik70@gmail.com, trims bang, smoga tuhan membalas amal baiknya

  28. assalam
    1. Salam kenal mas danu.
    2. Terimakasih atas artikelnya
    3. Semoga ilmunya bermamfaat
    4. ….

  29. om..kalo pake LAN bikin program yang sama-sama on bisa ya? misalnya di sebuah RumahSakit di loket pendaftaran petugas menginput data, terus di loket pemeriksaan sudah dapat mengetahui identitas pendaftar, terus di loket pembayaran juga langsung bisa mengetahui identitas, banyaknya layanan yang di pake..kira-2 yg dibthkan utk program kaya gitu apa aja ya? tank’s atas jawabannya

  30. bank danu gimana klo databasenya client-server..? jadi databasenya my-sql tapi client server. Jadi yang make databsaenya banyak konputer dengan 1 databse di serveer..

    kirim ke email saya aja ya bank makasih..

  31. mas saya pingin artikel anda yang lengkap, soalnya saya pernah coba mysql tapi gagal nggak mau nyambung ke vbnya, kalau mas pingin balas pakai surat silahkan kirim ke agus siswahjudi sma antartika surabaya, jl banyu urip kidul II / 37 surabaya, nanti ongkirnya tak ganti.
    atau lewat email : nanda_auliya@yahoo.co.id

    Jawaban dari bangdanu:
    Coba baca aja artikel saya yang ini:

    http://bangdanu.wordpress.com/2008/07/04/pemrograman-database-dengan-vb-dan-mysql/

    Itu pembahasan dari dasar banget kok. Semoga bisa membantu. :)

  32. mas Danu yg baik
    thanks of lot ya……..bagi2 ilmu ke kita dan smoga ilmunya nambah terus dan terus…nah kalau gini okelah bangsa kita……..

    Jawaban dari bangdanu:
    Terima kasih kembali, senang bisa membantu. Tapi lebih ok lagi kalau lebih banyak lagi yang mau belajar. :)

  33. salam kenal….. terima kasih atas ilmunya….
    saya mau nanya gimana script untuk menaruh flash yang filenya .swf
    biar waktu dicompire dan dijadikan file setup biar gak error..
    thanks sebelumnya

  34. haloo bang saya denny. saya punnya program VB6 yang saat ini belum dapat selesai juga.

    misalnya saya punya tabel dengan nama ekstensi. dengan data
    ekstensi
    0001
    0002
    0004
    0005

    ada sebuah tombol dengan nama mencari ekstensi kosong.
    jika tombol itu ditekan maka program akan mencari angka ekstensi yang belum digunakan. dalam tabel diatas angka yang belum digunakan adalah 0003.
    bagaimana program VB 6 ya … bang danu. saya menggunakan database MS SQL .
    email saya dennyhendra38@yahoo.com

  35. haloo bang danu .
    FROM HENDRA
    begini saya baru saja bekerja di perusahaan sebagai staff programer. saya pemula jadi belum mahir banget. saya program yang sudah seminggu lebih saya belum berhasil membuatnya. misalnya saya mempunyai sebuah table dengan nama PIN yang berisi angka angka 5551,5552,5553,5554,5555. ada sebuah tombol yang bernama rotasi. jika tombol itu ditekan maka data-data yang ada di field PIN akan berubah menjadi 5555,5554,5553,5552,5551. dan jika tombol itu ditekan kembali maka data dalam table PIN berubah menjadi 5554,5553,5552,5551,5555 dan begitu seterusnya.

    bagaimana program visual basic 6 nya yaa….
    saya menggunakan data base MS SQL

    mohon bantuannya

    emailL:dhendara@yahoo.com

  36. Makasih ya tutorialnya…Mas Danu, saya brusan krim e-mail.
    Dibaca ya …
    Mas, kalau ada sample database karyawan yang didalamnya banyak fields-nya.
    Soalnya, saya ingin sekali bikin aplikasi itu…
    Please…….
    Bagi teman-teman yang lain, bisa juga kirimin saya contoh aplikasi database ke e-mail saya.
    bibie.noer@live.com

    Terima kasih ya…

  37. MAS DANU, Q NI MASIH IJO BANGET DI DUNIA PROGRAM DATABASE. SO, Q MO NANYA APA PERBEDAAN ANTARA MySQL DENGA SQL SERVER. TRUS, APAKH DARI SINTAX AMA BAHASANYA LAIN.
    TRIMZ

  38. Terimakasih buanyak mas Danu atas artikelnya yg banyak membantu saya… So.. kalo saya mo bunyak nanya gimana dunk..????????? selama ini saya koneksi databasenya dengan Access dan kelihatanya saya mo ganti dengan MySql sy mo kembangin biar program sy bisa di Access Via Internet.

    Jawaban dari bangdanu:
    Wah mas jangan banyak2 nanti saya susah bawanya :D
    Kalau database dipakai untuk client memang lebih baik pakai MySQL.
    Access lebih baik digunakan kalau pakai komputer lokal aja. :)

  39. Duh mas dan u terimakasih aku download semua artikel dari mas danu, kebetulan lagi ada permintaan pelatihan di salah satu departemen, aku juga bingung mo kasih materi apa untuk VB dan Mysql, eh buka buka ketemu mas danu, maaf ya mas aku copy materi mas untuk mereka pelajari……

    Jawaban dari bangdanu:
    Gak apa-apa mas, gratis kok nyantai aja, asal gak dijual lagi aja. :)
    Senang artikelnya bisa berguna

  40. bos nih gimana cara mengases table foxpro (extensi dbf)
    dan mengappend semua record ke salahj satu table pakai sql

  41. maaf mas sy minta bantuanya nih….
    gmn carannya pas kita search denda akan muncul klo tgl jatuhtempo sudah lewat, bgt jg sebaliknya.

    trims..atas bantuanya.
    di tunggu….

  42. mas, artikel anda sangat-sangat bermanfaat semoga anda tetep exis dalam membantu sesama yangtentunya diakherat kelak dapat balasannya………….amin

  43. Tengkiu Bang Danu sharing ilmunya mantap
    Dengan kontribusi abang saya jadi melek VB….

    Selamat berkarya, smoga akan muncul bang danu-bang danu yang lain

    Salam
    Gito

  44. hai semua….

    lam knal dari oding……

    terutama mas danu yang pakar VB……

    mas saya bleh minta tutorial VB+sql server,VB+mysql..

    krim k email saya : ketauan_03@yahoo.com

    oy sya mo tanya.knp pas saya bkin tabel transaksi pembelian selalu

    da pesan debug yach,pdahal saya dah bnar nulis codingnya.tapi klw table masternya ga masalah..oy databasenya menggunakan Access 2003..please ats solusinya

  45. bang danu,thanks tutorialnya,bang sekalian tutorialnya C++ bang,bisa ga?thanks so much bang,ajarin saya menjadi programmer ya bang biar saya bisa jadi penerus bang danu,bagi2in ilmu ma yang lain. mau kan bang ajarin saya?balas ya……thanks,o….iya bang e-mail saya yuli_kanny@yahoo.co.id,mungkin mas danu tertarik untuk menjadikan saya murid perguruan bang danu,hehehehehehe….

  46. ass, bagaimana ya scriptnya jika menggunakan databasenya excel dan mau ngeload atau ambil data nya dari excel bukan bukan nyimpen ke excel atau bikin tabel ???? please

  47. bang danu saya minta tolong dikirimin artikel lengkap tentang database, sistem manajemen database terutama mengenai query sama entity relationship diagram ama DFD. sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

  48. bang,,
    saya mau tanya ni…blh kn?
    kalo saya punya satu database diserver trus biar client bisa akses disitu kayak apa bang?
    ada tutorialnya g?
    terima kasih bang..

  49. Misi Bos..
    Mw nanya nih!
    bgaimana si jd org yg ahli komputer atau hacker…
    kita harus knal pa aj untuk mengoperasikn komputer?…
    truz resiko/keuntungan ap aj yg kita akan tempuh…

    Thanx BosZ..

  50. makasih banget mas….semoga Allah menambah rezeki bagi orang2 seperti mas, dipanjangkan umurnya, dan dimasukkan kedalam surga Amiiiiin

  51. sebelunya saya mengucapkan banyak terimakasih.atas adanya layanan ini.karene dpat membantu saya dalam pelajaran saya sendiri.Saya adalah pemula.boleh ga? ceritakan setiap tool box vb,dan cara memfungsikannya.
    terimakasih.

  52. Bang Danu..
    Software Vb tu open sours gax sih..
    Bisa gx saya minta master vb-nya.. saya punya masternya tapi gak komplet waktu di install..

    Atau siapa ajh tolong saya dapetin master vb.
    kirim dalam archive winrar.. OK!
    kirim ke nartus6485@yahoo.com

  53. Bang Danu..
    Software Vb tu open sours gax sih..
    Bisa gx saya minta master vb-nya.. saya punya masternya tapi gak komplet waktu di install..

    Atau siapa ajh tolong saya dapetin master vb.
    kirim dalam archive winrar.. OK!
    kirim ke nartus6485@yahoo.com
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak….

  54. Makasih mas,
    tapi saya kesusahan mencari software MYSQL-nya.
    Bisakah saya dikasih link ke alamt yang menyediakan MYSQL?
    Yang trial juga gapapa dech, yang penting saya bisa belajar.

    Makasih ya mas.
    via japri aja ya mas.

  55. Makasih Mas Danu…..

    Saya walau background pendidikan IT tapi masalah pemrograman bener2 buta, tadinya sempet patah semangat untuk belajar pemrograman lagi, setelah saya membaca artikel ini semangat saya kembali untuk belajar pemrograman.
    Semoga apa yang Mas Danu sampaikan bermanfaat bagi saya dan rekan-rekan lain. Trima kasih sekali lagi…………

  56. makasih kang danu… moga ilmunya lebih bermanfaat…… untuk kedepannya marilah kita bangun indonesia menjadi negara yang mandiri & benar2 merdeka dan juga bukan negara sapi perah bagi negara adidaya…… merdeka….

  57. thanks bwt tutorialnya bang,,smoga panjang umur………….

    bang bisa minta software visual studio 6.0 gak??…
    kalo boleh minta alamat buat donloadnya dong bang…….
    kirim ke email merlinofnug@yahoo.com
    thanks bgt sblumnya bang……..

  58. Salam kenal & Salam Sejahtera
    Sy udah download banyak mas, & insya Allah Manfaat, smoga pahalanya mengalir menuju mas & berkahNya

  59. Hi mas Danu.. Thanks bgt ya buat artikel2nya yg sdh di muat disini dan bs diunduh.. Mdh2an aku bs ngikutin materi2nya mas Danu nih.. Sekali lg thanks ya mas..
    Salam programming!

  60. makasi banyak atas tutorial yang anda berikan ini sangat bermamfaat bagi saya untuk belajar lebih dalam ilmunya ,moga anda diberi rejeki’ dan sehat selalu .thanks

  61. Salam Hormat mas Danu..saya ingin bergabung disini setelah kian kemari saya cari stus2 yang menunjang pengetahuan saya di mata kuliah ini,saya berharap ingin mendapatkan materi yang mana bisa saya aplikasikan,dan mata kuliahnya saya lampirkan dibawah ini,terimakasih..salam hormat saya,email saya yoel1704@yahoo.com

    Hendri

    Pemog.Web & Multimedia
    Sistem Operasi**
    Arsitektur & Org.Komputer
    Pemograman Tertrukstur (VB)
    Pemograman Tertrukstur (VB)
    Dasar Akun I
    Statistika
    Teknik Riset Operasional
    Perancangan** Basis Data
    Kecakapan Antar Personal

  62. mas bisa bantu saya gak untuk menyusun database TRAVEL menggunakan mysql, tapi saya buat programnya denga VB…!!jika bisa boleh saya minta alamat email nya…

    thanks…

  63. lam kenal mas danu..!

    namaku taufik, aku bener-bener seneng dengan artikel yang anda muat.

    kalau anda punya aritkel tentang VB, tolong kabari saya ya :-).

    Thank’s mas danu

  64. assalamu’allaikum…met malam mas danu,,
    saya Diyo,saya ada tugas dari dosen tentang pemograman VB,
    tema yang akan saya ambil tentang pemilu,,
    tolong ya mas kalau ada artikel atau saran dari mas Danu kirimin secepetnya…
    thanks bgt Mas…
    wassalamu’allaikum….

  65. mas..aku minta contoh program yang memakai mysql!!tapi Vb 6.0 ja!!q biasane pakenya oracle,dta access,ma sql server.jadi q pgn coba yg pake mysql.thank’s

  66. mas..aku minta contoh program yang memakai mysql!!tapi Vb 6.0 ja!!q biasane pakenya oracle,dta access,ma sql server.jadi q pgn coba yg pake mysql.thank’s

  67. makasih atas download na ^^
    moga bisa d serap abis…^^
    salam knal…

    kpan2 bisa nanya k mail na bang danu khan??

  68. Makasih tas artikelnya, artikele bagusss… tenan,
    semoga dgn danya tus ni dpt menjadi sarana membangun bangsa kita
    yang serba ketinggalan… thank

  69. bos.. mnta program VB pake DATABASE ORACLE, tv yang berbentuk program… jagn berupa text (PHP)
    klo ad kirim ke e-mail saya

  70. Mas Danu tolong aku minta contoh contoh program yang memakai mysql, vb 6.
    terimakasih banyak atas pertolongannya.

  71. malem mas Danu… aqu Rifky. q lagi buat program vb pake ms.access. aqu kesulitan krn pake adodc n datagrid. pengen input langsung ke datagrid tanpa lewat textbox bisa g?.
    q mau minta sample source code tentang teknik2 penyimpanan data pada datagrid ke tabel ms.access donk….
    ama teknik2 pencarian pake metode ‘find’ dan ‘filter’ q masih belum bgtu jelas…
    makasih sebelumnya…
    emailku di aranama@ymail.com

  72. trims buanget sangat membantu bagi bagi saya sebagai CAPROG…. calon programer…..ada lagi ngak….? hehehhe

  73. mas Danu Pleaseeeee
    aku boleh minta gak program yg pake VB6 dan MySql, buat skripsiku soalnya makasih byk ya

  74. mas, bisa tolong kirim artikelnya yang lengkap? karena sy pingin belajar pemograman, khususnya vb,access dulu…
    karena masih pemula..
    lagi pengen buat database kecil2an buat bisnis sampingan

    sebelumnya matur nuwun

  75. Mas, minta tolong nih belajar bikin database. Masih newbie
    1. Kalo mau buat sistem informasi, apa ada bedanya antara aplikasi diclient dan diserver?.Gimana cara koneksikan aplikasi diclent ke data base yang di server
    2. Gimana sih caranya tampilkan sheet excel dalam form. Kalo bisa sheet2nya workbooknya dapat ditampilkan. Dengan mengisikan data dalam sheet tersebut maka data base mysql pada server terupdate.
    Thanks

  76. lam kenal mas,

    mau tanya mas, pernah buat billing server g?
    misalkan ada user yang ingin akses internet,,tapi user itu dibatasi ada yang free dan bayar,,terus report pembayaran yang ditampilakn ke user gimana?

    mohon pencerahan nya?

    kalo ada tutorialnya kirim ke emai saya nh4edy@yahoo.com

    terima kasih..

  77. makasih atas pencerahannya mudah2an egi bisa menyerap ilmu dan skripsi egi bisa cepet selesai soalnya egi biasa pake acces

  78. selamat siang bang danu, saya mau tanya. (1) bagaimana penggunaan vscroll pada sebuah form dimana form tersebut width-nya lebih dari ukuran biasa. (2) bisakah adodc menghubungkan kepada sebuah database yang letaknya terdapat pada komputer lain, pada server misalnya.
    atas jawabannya saya ucapkan terimakasih

  79. bangz danu pernah nge-link vb ke access.
    ak butuh fungsi look-up nya.
    pengkodean gitu.
    trus bikin form unik biar gak kotak (sesuai design backgroundnya) sama button unik bisa ga ya?
    thankz b4.

  80. Bang Danu, kl VB for Application (VBA) kapan ya bisa digarap?kayak VBA for excel misalnya. Kayaknya prospek pengajaran dan penggunaan VBA bagus banget tuh. Keuntungannya bisa melatih pemrograman sekalian bisa memaksimalkan penggunaan officenya. Soalnya hampir semua orang pake ms office,mengolah data dan mencetak dokumen pake office, jadi sekalian dapet semuanya gituloh Bang hehehe…..makasih ya Bang….

  81. Pagi mas Danu… aqu Syelin. q lagi buat program vb pake ms.access. aqu kesulitan krn pake adodc n datagrid. pengen input langsung ke datagrid tanpa lewat textbox bisa tidak? jika bisa, minta coding n tahap-tahapnya pak tolong dikirim ke email ku pak di syelina69@yahoo.com… makasih yah sebelumnya
    sukses selalu….

  82. tolong saya dibuatkan program 3dimensi dari delphi bentuk limas segi 4,karena punya aq tiap aq f9 kok permasalahannya opengl

  83. tolong saya dibuatkan program 3dimensi dari delphi bentuk limas segi 4,karena punya aq tiap aq f9 kok permasalahannya di opengl.nanti bisa di emailkan di d1d1kub@gmail.com

  84. ak seneng sama tutorialnya mas..
    untuk tutorial part 5 nya dah keluar blm ya mas??
    bisa mint link nya??

    terima kasih banyak!
    sukses selalu..

  85. kakak…pgen coding bwt connection string dari vb6 ke text file ditampilinnya ke datagrid..jadi waktu dirun tampil database dari text filel…nah kodingnya gmna nih….scriptnya belum ketemu….

  86. Maaf mas yang nulis artikel ini di ilmu komputer juga saya. Hehehe. Lain kali teliti sebelum menuduh ya…
    Tetap semangat belajar :)

  87. Gtu toh mas…ya maap kalo gtu..tpi kok banyakan pengenalan vb isi nya..gak ada bahas vb & mysql tuh..!!

  88. mlm…
    nama saya kyo…
    bisakah anda memberi tau saya,
    bagaimana cara membuat user di ms sql server agar user tsb hanya bisa membuka database yang dibutuhkan saja…dan admin bisa membuka semua database di ms sql server….

    terima kasih sebelumnya…

  89. Pemrograman Database BAGIAN 5 dan seterus nya mana ya mas

    klo boleh kirim via email saya aja yah mas

    Trim’s

    Regards

  90. mas, tolong dong. saya terkendala dalam pemrograman VB 6.0 saat akses database mysql di website via ODBC 3.51.

  91. berhubung aku nggak tau scripting. dan adekku banyak tugas tentang fb.. cocok sekali ni kwakwakwa biar pura2nya jago hahah padahal nol

    thanks ya

  92. Salam Kenal.Maaf mo tanya gimana caranya menghubungkan billing dengan program kasir yang saya buat.terima kasih.

  93. salam kenal. maaf mo tanya mas, klo program qt pngn ada laporannya supaya bisa d print gimana y mas? klo sy pake data1.. maklum pemula!!

  94. Artikelnya sangat bermanfaat.
    Kebetulan saya ingin belajar pemrograman VB,Acces, dan MySQL. Thx

  95. bangdanu gimana caranya mengusai pemrograman dengan baik dan benar kadang saat menjalankan program ada yang error padahal program dah sama ma buku…tolong email dong cara mudah menguasainya, jetax_desso@yahoo.co.id

  96. artikelnya top bangets,,,,,?????bang danu tolong diposkan artikel tentang bgmn caranya membuat database dg mysql n bgmn caranya koneksi database mysql ke VB6.0 ???

  97. bang danu gmn caranya biar bisa bikin message berupa komentar dan ditampilkan di blogspot…?
    apa blogger menyediakan fasilitasnya?
    thanks before.

  98. pokoknya maknyuss deh..

    thanks ya..

    jd bisa pake database nih..

    Semoga bang danu tambah pinter deh…amin…

  99. saya..mau bertanya : bagaimana cara membuat form login di vb6 dan databasenya MySQL…!!,..

    saya sudah coba buat , tapi belum berhasil2….

    Thanks,

  100. mas saya mo nanya nich !!!
    gmn ya biar aq bisa dapet sourcecode film matrix yang screensavernya kelihatan bagus banget…
    tolonk ya…
    Thank’s

  101. assalamualaykum . mas mau tanya donk .. klo mau menampilkan data dari database ke textbox menggunakan syntx mysql gimana ? aku udah coba tapi false .. jzklh

  102. mas saya mau belajar awal nya dari mana ya…
    saya inggin sekali mengerti bahasa pemograman.
    thakn’s ya mas.

  103. mas ………. saya sudah capek dan rasanya cuapek bangget nyari kasus yang berhubungan dengan vb dan mssql server, ada..tapi aplikasi,, wong saya masih pemula kok… bagaimana yah mas tolongin saya dong… ada 1 file aja yang isi fieldnya no, nama, ttl, jenis kelamin dan nanti hubungan semuannya masuk ke database sql server 2000 dengan nama TES gitu deh….oh ya mas pake odbc aja yah…mas kirimin dong ke aljuluki@gmail.com, atas perhatiannya saya aturkan terima kasih yang sedalam-dalamnya, semoga di balas oleh Allah swt

  104. mas saya orang yang masih pemula banget di bidang komputer. tapi saya ingin sekali bisa pemrograman vb.di rumah saya memakai vb6. saya ingin membuat daftar penjualan pulsa dan koneksi ke acces…gimana mas caranya…makasih

  105. terima kasih bang danu, semoga ilmu yang abang berikan dapat bermanfaat, dan semoga abang diberikan kemudahan rizki oleh allh yang maha kuasa…………saya akan mulai belajar my sql bang….

  106. Terimakasih mas Danu,.,.,.semoga ilmu yang mas berikan ke kita semua menjadi amal jariyah,,.amiin,.,.,.!

  107. makasih bgt mas buat ilmu nya, semoga kebaikan mas dibls oleh allah yang maha kuasa…

    btw ada tutorial tentang database flash…

    baek phptriad or mysql atau apa pun…..

    cos aq lg bth bgt tutorial tentang database flash buat skripsi saya….

    klau ada tlng dikirim ke kutu_kupret150286@yahoo.co.id

    terima kasih atas smuana…. : )

  108. bg, q mw nany ne ttg vb 6.0

    q kn ge wat program, menampilkan data q gunakan dg listview,,
    dlm listview ada control checkbox,, q mw ngapus data dg listview.checkbox, tpi gag bs..
    kalau q checkbox=true , pi q pilih data yg bkn dicheck, malah yg dpilih yg trhpus,, bkn yg dicek yg trhpus..

    bri ptunjuk dunk bg, source code nya apa..

    trims..
    n slam knal..

  109. Ass…
    Mas… gmn sih biar bs jd programmer handal kaya’ mas selain blajar? mgkin ada triknya mas, ajarin donk..
    trus gimn listingnya klo kt ingin membuat agar program bs loading dl sampe 100% baru masuk ke menu utama program…

  110. Bang Danu, boleh minta artikel lengkap tentang pemograman database-visual basic – mysql gak, saya butuh, buat kerjain pr saya, pr-nya tuh membuat aplikasi menggunakan visual basic dan mysql, guru kami tidak menjelaskannya langsung kasih kami pr, kami pun binggung, untung ketemu sama bang danu, boleh minta tutorialnya yang lengkap, saya dan teman sekelas saya mengucapkan terima kasih atas bantuannya,, semoga bang danu di berkati banyak rejeki,, ^^

  111. terima kasih atas tutorialnya
    dan do’akan agar saya bisa menguasai tutorial yang sampean upload mas
    sekali lagi terima kasih
    oh iya mas, mungkin sampean tahu cara menampilkan garis report (cristal report) ketika di eksport ke excel
    sebab selama ini saya kebingungan untuk memunculkannya
    terima kasih beribu terima kasih

  112. Permisi Mas…:) btw salam kenal jg
    Maap mas Boleh ikutan donk mas, sekalian saya juga mas,mau buanget dikirimin tutorialnya…
    mudah2an amal baik mas diterima oleh tuhan dan dilipat gandakan pahalanya….Amin :)

  113. mas, mau nanya..
    gmana caranya buat delet databasenya lebih dari sekali
    .
    kan kalo mau delet yang seperti contoh tutor 4
    cuma bisa sekali,
    habis itu mesti di close dulu programnya, baru bisa delet lagi database yang di inginkan..
    .
    saya butuh banget solusi nie mas,
    krim ke email saya: dianiopiari@yahoo.co.id

    maksi

  114. @ Amie : Salam kenal juga, gak perlu nunggu saya kirimin, artikel lengkapnya udah bisa didownload kan diatas. Semoga berguna.

  115. salam kenal bang danu……trimaksih atas ilmu-ilmunya!!!!saya adalah orang yg ingin belajar mnjadi seorang programer yang handal…..mhon sllu bantuannya…………

  116. mas…minta tutorial penggunaan activex ya…N contoh yang pake tool vb standart aja..jangan pake apex true control apa tuuu gak mudheng aku…ni pengen bisa pibiii….kirim ke email ea…

  117. Mas Danu Bisa Kirimin saya surce code koneksi data base acces dengan vb, beserta penjelasannya step by step ? saya pengen sekali belajar vb, terutama untuk menghitung stock barang-barang yang ada di warung saya, biar cuma warung kecil kan bagus tuh kalow memakai program… sebelumnya saya ucapkan terima kasih,

  118. @daxioo : tutorialnya sudah saya sertakan di posting blognya, silahkan dibaca dengan seksama ya. :)
    @iwan : step by stepnya sudah ada didalam tulisan yang saya posting. Dibaca lagi.
    Thanks.

  119. gimana mas danu membuat program untuk quiz dengan VB6 dan database microsoft access, tolong pencerahannya mas

  120. mas.,ada perbedaan dalam peng-coding-an ga sih antara vb-access dengan vb-mysql.??

    mohon dijawab ya mas…soalnya saya ada tugas untuk membuat aplikasi menggunakan vb-mysql…selama ini saya slalu pake vb-access…

  121. Ping-balik: Pemrograman Database dengan VB dan MySQL « beoperih

  122. mas danu mau tanya….
    kalau laporan VB kita di run INVALID DATA SOURCE itu salah nya dimana, terus solusinya gmn yaw mas????

    ma bagaimana source code untuk tbCARI menggunakan ADODB dan GRID…
    malkasih kalu mau membalas… matur suwun

  123. Mas artikel berikutnya banyak yang nunggu, salahsatunya yo aku… kapan ya, tolong luangkan waktunya ya mas… matur suwun..

  124. mas gimana gara nya menampil kan periode tanggal transaksi saya sudah mengunakan perintah BETWEEN tetep ngk tampil terimakasih..

  125. @Djoko : Kelanjutannya sudah saya tuliskan pada artikel berikutnya. Silahkan dicek lagi kontennya di blog saya. Thanks. Keep Reading.. ^_^

  126. pak danu saya punya masalah ,,
    konektor ODBC saya ngak bisa jalan,,
    klu saya coba connect langsung mysqlconncect nya not responding
    udah saya uninstal dan di ganti dengan software yagn lain tetap juga ngak jalan…
    sya menggunakan mysql conector 3.51 dan PHP triad 2.2
    mohon pencerahannya

  127. bang danu
    mohon maaf bang
    saya boleh minta lanjutan yang visual basic dan msql yang ke 5 gax
    saya punya bagian 3 dan bagian ke 4 dari abang
    tapi yg ke 5 belum ketemu
    kalo boleh minta ya bang
    makasih

  128. bang, gimana cara menyimpan dan menampilkan kembali gambar dan suara dengan VB 6.0 dan database sql server. mohon bantuannya.

  129. bang ,.ane masih newbie nee ,.ane mw tanya ,.gimana cara filter tanggal pada database mysql di vb6 ,.dimana ane make dtpicker untuk menyaring tanggalnya.

    coding ane kaya gini mas :

    Private Sub DTPicker1_Change()

    Me.adopenitipan.RecordSource = “select * from penitipan_produk where tanggal_penitipan = ‘” & Me.DTPicker1.value & “‘”
    Me.adopenitipan.Refresh
    End Sub

    tapi di datagridnya ga mw filter,.malah tiba-tiba kosong..pas saya coba dengan acces dengan coding tersebut lancar,.tapi kok pake sql malah ga bisa ya.,

    tolong bantu nee mass ,.,terima kasih banyak ya mass

  130. kalo bang danu punya cara lain untuk mem filter tanggal dengan dtpicker di vb6 dengan database mysql.. saya mw mas…udah mumet seharian penuh berkutat di filter tanggal ini …

    tolong banget ya mas…

  131. mas, tolong tulis juga donk tentang penggunaan database mysql untuk pemrograman vb 6 dengam menggunakan connector,,

    terima kasih mas,,

  132. semua belajar dari pengalaman ^_^
    Menurut aku yang jago programer itu meng edit sebuah program yang oranglain Buat,Jd kumpulkan semua contoh contoh Aplikasi VB

  133. Ping-balik: Membuat Aplikasi Tebak Suara dengan Visual BASIC « Weblognya Bang Danu

  134. Ping-balik: Aplikasi Tebak Suara dengan Visual Basic « ROYAL JUNO

  135. salam kenal.. dan semoga majju terus teknologi negeri kita.. makasih bung danu atas ilmu2 yg telah anda share.. smogga bermanfaat bwt semuanya.. aminn !

  136. banyak ilmu disumbangkan…. Terima kasih bang Danu dan salam kenal. Harapan saya tutornya bisa lebih gamblang, terutama untuk orang yg o-on seperti saya dan baru tahu dunia comp.
    Trim yaa; saya akan selalu berkunjung disini

  137. benar2 pekerjaan yang mulia….. jarang ada yang mau sharing ilmu… thanks berat mas.

  138. selamat sore mas danu..saya boleh mnta contoh program vb pake mysql g mas?
    contoh program backup dan restore database mysql dengan vb..
    mksh sbelumnya mas..

  139. ini mantap mas danu tolong donk di ajarin pertahap secara pelan pelan biar bisa nih awam bener tentang visual basic,acces,,, beli buku juga masih bingung mas….

  140. @manchester : beli buku juga bisa membantu selama yg dibaca dibuku dimengerti. :D Untuk mempermudah belajarnya, sebaiknya langsung dipraktekkan saja contoh yang ada pada modul ini. Kalau sudah ntar bisa coba dirubah2 deh, nah dari situ bakal paham tiap baris perintah fungsinya untuk apa. Kalau ada yang bingung silahkan hubungi saya via YM atau Email ya. Semangat belajar. :)

  141. Baik ini , mau bagi ilmu :) . bang mau tanya klo mau buat pemrograman dengan vb 6 dan database nya mysql tpi pake phpmyadmin dan wamp itu bisa ga sih bang ? maaf ni masih belajar , trimakasih

Tinggalkan Balasan

