Belajar Excel 2007

Microsoft Excel 2007 diklaim memiliki beberapa kemampuan tambahan dibanding versi 2003. Namun dibalik kemampuannya yang selangit, terkumpul satu masalah mendasar

bagi pengguna pemula yaitu tampilannya yang dianggap masih asing bagi sebagian orang yang baru mengenal komputer khususnya.Dengan berbagai alternative cara yang dapat membuat pengolahan data kita menjadi lebih mudah dan lebih cepat Semoga dengan bahasan dan contoh project ini dapat menjadikan Excel 2007 tidak lagi menjadi program yang dihindari. SEMOGA.

Artikel Selengkapnya :

 

Link Alternatif: Download Modul Lengkap

Video Belajar :

Mengurutkan Data di Excel 2007

Menggunakan Fungsi Text di Excel 2007

130 thoughts on “Belajar Excel 2007

  1. maksh artikel tentang excel 2007. sebetulnya saya lagi butuh buku-buku tentang belajar praktis komputer ( khususnya tentang grafis/multimedia), untuk kelengkapan buku-buku diperpustakaan sekolah kami.

    Jawaban dari bangdanu:
    Silahkan sebarluaskan artikel saya ini, dengan catatan namanya dicantumin juga ya. Semuanya gratis. :)

  2. karena belum familiar aja mas?!… semua bisa kalo kita mau belajar ;) perbedaan 2007 dan 2003 cuma bentuk file savenya aja…

  3. makasi atas ilmu yang diberikan…semoga berguna bagi banyak orang…makasi bang danu…

  4. mas danu..makasie bangett nya berbagi iLmu exeL 2007nya…sukses terus dengan kegiatan mas danu …

    Jawaban dari bangdanu:
    Amin. Terima kasih kembali :)

  5. Wah artikel bangdanu its very2 usefull buat kita2 yang masih bau kencur di dunia ilmukomputer. Thanks.

    Jawaban dari bangdanu:
    Same-same..

  6. kok cuman sampe halaman 19 doank…lanjutannya mana y??ga komplit nih..

    Jawaban dari bangdanu:
    Namanya juga artikel, bukan buku. Lagian yang penting kan isinya bukan jumlah halamannya. :(

  7. MAKASIH YAH MAS ATAS ILMUNYA MOGA AMAL KEBAIKAN MAS DIBALAS AMA ALLAH,BERKAT SAYA BELAJAR DI ILMU KOMPUTER SAYA NGAK MINDER LAGI AMA TEMAN

    Jawaban dari bangdanu:
    Alhamdulillah, semoga tetap semangat ya belajarnya.
    Terima kasih atas doanya. :)

  8. Thank’s for U… Bg. Danu
    Kapan Lg neh Artikel yg Laenny!!!
    i’ m Waiting???
    Success fOr You joB’s…………

  9. Boleh juga Tuh kLo Bg. Danu Nerbitin BUKU tentang aplikasi komputer,,
    Kan jadi makin terkenal…
    Good Luck Yaaaaaaaa…
    Intinya Makasih deh tuk Smua Ilmunya, Moga b’manfaat buat dunia akhirat,,

  10. Terima kasih atas ilmunya bang Danu. Semoga ilmunya semakin bertambah. Kita tunggu artikel berikutnya.

  11. Dalam tahapan perkenalan dengan window Fista / exel 2007 banyak rumusan yang belum ditemukan bagai mana agar cara yang mudah untuk anak saya belajar

  12. BangDanu,
    Minta tolong nih, kita mo belajar Excel, tapi dana pas-pasan…. jadi bisa tak kirim file pelajaran Bang Danu mengenai excel komplit…plit..plit… Mohon maaf juga karena kita ga tau cara downloadnya, jadi ngerepotin Bang Danu…
    Thx sebelumnya atas ilmunya

  13. Bang Danu terima kasih ya semoga ilmu yang diberikan bermanfaat untuk semuanya dan saya tunggu materi-materi yang lainnya. Semakin kita gali ilmu itu maka semakin tampak kebodohan kita.

  14. Bank minta tolong ni aku lagi perlu program belajar Exel dan Word 2007 untuk pelatihan pejabat RT dan RW beserta stapnya dalam rangka menjalankan PPMK 2008trim

  15. sebelumnya maksi ya bang udah mau buat blog yang isinya bagus bgt kayk gini..
    salam kenal ya…
    btw aku mau minta tlg ni sama abg..
    abg punya g contoh2 macro yang dibuat di VBE untuk excel?? klo ada boleh g aku minta??
    aku perlu bgt ni..
    thanx sebelumnya..
    sukses terus buat abg…

  16. emm, klw leh tau artikel ini dapat dari blog mana y?

    Jawaban dari bangdanu :
    Insya Allah semua artikel ini murni hasil tulisan saya.. :)

  17. bang sy nwbie beber2gatek dalam exel bisa minta tolong g bang ada g tutorial exec macros buat sy belajar kalau ada tolong ya bang
    teks bang

  18. minta tolong dikirim lewat email cara belajar excel & word 2007,soalnya saya download ga bisa2

    thx

  19. Cara belajar excel 2007 bagaimana ????
    ada gk ebooknya yang gratisan krim ke.
    lebih bagusnya tlp or sms ke 08988855539 by agung

  20. met mlm bang danu, aq mau nanya tentang if dan vlookup,knp setiap aq belajar excel aq tdk mengerti tentang artikel if tersebut.

  21. mas danu tolong dong….rumus ya dan penjelasan terperinci saya baru belajar mas danu excel ya….krm kan di e mail sya yaaaa mf ni merepotkan mas danu

  22. luar biasa,
    artikel yang lengkap yang saya temukan kali ini.,

    untuk ms office 2007 nya, tutor untuk ms access 2007 ada ga mas,??

    kirim linknya ke email ku ya,,

    tkb

  23. Thanks for your information,
    tapi..saya mo minta tolong, izinkan saya mendownload buku tentang excell 2007, saya masih banyak bingung nih.,….gimana cara menggunakan nya.

    Jawaban dari bangdanu:
    Terima kasih kembali mbak mulyarni.
    Untuk ebook excel 2007 yang lebih lengkap bisa juga dilihat di halaman buku elektronik:
    http://bangdanu.wordpress.com/buku-elektronik/

  24. To sacka: Dari pengalaman saya mengikuti beberapa kompetisi dan ujian Excel (Halah gayanya…^_^), Untuk kompetisi Excel biasanya sih yang diujikan adalah fungsi if, vlookup, hlookup, left, mid, right (biasanya dikombinasikan), sum, count, value, min, max. Untuk perlengkapan data lainnya biasanya sort, advance filter, diagram pie dan batang, subtotal.
    Tips dari saya: biasanya ada 4 atau 5 sheet yang ditugaskan, usahakan kerjakan setiap sheet walaupun tidak sempurna, jangan sampai terpaku pada fungsi saja karena satu sheet yang terlewat akan menyebabkan anda tidak lulus (pengalaman ujian nasional dan kompetensi komputer).
    Mungkin ada rekan lain yang bisa kasih pengalaman untuk rekan kita ini?
    Semoga berguna… ^_^

  25. Thanks banget mas …moga2 file ini bisa bermanfaat buat yang lain…dan jangan berhenti untuk memberikan ilmu2nya mas…sx lagi makasih banyak ya mas…

    :-P

  26. bang saya butuh materi excell untuk SPJ dana BOS. Ada Ga Ya…Kalau ada monta dong! Semoga Amal baik abang dibalas oleh Tuhan Yang Maha Esa

  27. Materi yang bagus, mudah2an bermanfaat dalam pekerjaan…Terima kasih atas artikelnya mas, udah aku copy paste neh hehehe…

  28. Saya setuju… karena awal mula menggunakan Microsoft 2007saya merasa begitu, namun ternyata sebetulnya lebih terasa mudah karena tampilannya lebih detail n banyak.

    Apakah ada mengenai latihan penggunaan Excel ??? Mungkin ttg contoh soal pengerjaan Excel. Trims….

  29. MakaCiHHHHHHHHHHH,,,BngtZZZ yo maZ DanU atas ArtIkeLnya,,,,BwerkaT artiKelnya maZ Danu, Nilai TIK q jd BaguZ bNgtZ loCh,,,,SuwoN thanK you yo Maz,,,,

  30. boleh g’ kolo dilengkapi dengan gambar tampilan Mx. excel 2007 Nnya???? sekaligus kerterangan gambarnya??

  31. met mlam ! bang danu sya minta tlong bisa ngak kirimin modul excel.gimana cara ya.trims

  32. salam kenal mas, mas sy minta tlg dibantu dalam penggunaan excel 2007, dalam menyimpan data dan dalam penggunaan fungsi masing2

  33. mas, sy agak kesulitan menggunakan exel (baik 2003 maupun 2007) dalam mengaplikasi data angka disalin dalam bentuk huruf misalnya begini :
    contoh angka Rp. 3.250,-, yang kalau disalin kehuruf berbunyi
    ( Tiga ribu dua ratus lima puluh rupiah ).
    untuk mencegah salah ketiknya angka disalin kehuruf adakah formula yang digunakan exel ( baik 2003 maupun 2007 ) pada contoh kasus diatas ? Mohon jawabannya dan bagaimana menggunakan fungsinya.

  34. mas danu saya suka dengan artikel artikel tsb ,bisa menambah wawasan kita dan berbagi ilmu.sukses ya mas danu.

  35. @raihan : cara cepat belajar excel versi saya sih, coba lagi dan coba terus. buat aja contoh kasus sendiri dan jawab sendiri juga. Insya Allah kalau diulang2 terus bisa cepat mahirnya daripada hanya membaca contoh yg sudah ada. Semoga berguna.

  36. @All : Saya sudah tambahkan video belajar Excel 2007 untuk memudahkan anda belajar materi yang saya bagikan. Selamat belajar ya. Semoga berguna. Maju terus pendidikan Indonesia.

  37. Bang maaf saya mau tanya, saya punya data base excel yg terhubung dgn mysql dan apache, maksud saya klo mau meng up date ke excel dari data base tadi bagaimana ya caranya..? Terimakasih saya tunggu.

  38. salam kenal selalu,
    aq pingin belajar excel, tapi ga’ bisa2, selalu salah hitung,
    kalo cara belajar excel yg cpet gimna ya????
    mau donk belajar.
    langkah yg pertama apa nie….

  39. mas danu,,,,
    mas danu buka kursus untuk excel ya!!!!
    mau donk ikut kursus, tapi tempat aq jauh banget,
    tapi,klo buka kursus cabang dikota lain ad ga’????

  40. Saya minta kirim juga ke alamat email saya. Atas budi baik dari saudara saya menyampaikan terima kasih. Tuhan Memberkati.

    saya di Mamberamo Tengah Papua. Indoensia. semoga saya bisa mendapatkan apa yang saya minta. sebelumnya saya menyampakan terima kasih.

  41. saya buat sebuah pekerjaan yg memakai office excel,tapi kolom nya sering tergeser secara tak sengaja,mungkin saja ulah teman,bisa juga saya sendiri..apa bisa dikunci untuk settingan kolomnya itu..akan tetapi kalau mengganti text di dalam kolomnya tetap masih bisa…bolehkah membantu masalah excel office ini..tadinya udah mau nyerah saja..cuma begitu lihat disini ada bangdanu jadi ada semangat lagi..thx

  42. @All : Terima kasih juga telah berkenan membaca tulisan sederhana saya ini.
    Best Regards,

    Danu WP

  43. Perkenalkan , Saya pengarang alias penulis buku excel cuma versi 2003 yang sampai saat ini alhamdulilah masih dapat royalti dan buku saya itu lumayan udah sampai cetakan ke IV artinya banyak peminatnya dan bermanfaat.

    Makasih bang Danu

    Salam sukses ya

  44. Perkenalkan saya Edy Kurniawan seorang staff Administrasi di sebuah Kantor Dinas Pendidikan.
    Terima kasih atas contoh yang ditulis di softcopy ini Bang…
    Tapi saya sedang mencari cara bagaimana caranya supaya dalam excel, kita hanya bisa entri data di cell-cell yang kita ingin tentukan. Sementara cell-cell yang berisi rumus hanya bisa dilihat dan tidak bisa diisi. Ada masukkan untuk saya Bang ???

    Terima kasih

  45. Wah mantep iki mas. makasih yah sekalian saya minta gambar Excelnya yah buat dipasang di blog saya.

  46. Salam kenal dan mohon pencerahan. Saya menggabungkan data excel ke Ms.Word dengan fasilitas Mailmerge. Nilai 2,66 di Excel muncul di word (mailmerge) 2,66000000001

  47. Sharing kepada bang Edy Kurniawan: bisa dilakukan proteksi pada sel-sel tertentu sehingga hanya bisa dilihat saja. Silahkan mencoba dari menu Tool –> Protection

  48. Bos, saya ingin tahu caranya membuat angka Rp.32.000 bisa tertulis di excel 2007 dgn huruf/text menjadi “TIGA PULUH DUA RIBU RUPIAH” tanpa harus menulis secara manual.
    Example : Coloumn A1 saya ketik angka 32.000, dan saya ingin supaya di column A2 bisa langsung muncul tulisan “TIGA PULUH DUA RIBU RUPIAH”….
    Tolong dibantu ya bos….
    Thanks…
    From : Jeefri
    Email : dimazjeefri@gmail.com (Tolong dijawab via Email)

  49. Ping-balik: Belajar Excel 2007 « KKPI SMK Negeri 1 Pakis Aji Jepara

  50. Ping-balik: Mungkin Sepele Tapi Penting (Backup Phone Book Handphone) « Let's Share it Here…Mari Berbagi di sini

  51. salam bang danu,
    mau tanya tentang gmana cara membuat rumus makro di excel 2007,kalo misalkan untuk tanggal 1 januari 2012 itu hasilnya week 1,dst dalam 1 tahun kalender.mohon bimbingannya terima kasih,azmg

  52. Ping-balik: Cara mudah belajar excell | romannurbawastore

Tinggalkan Balasan

